Tata kelola unit bisnis Badan Usaha Milik Pemerintah dalam sudut pandang good corporate governance / Yuni Aisyah Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Tata kelola unit bisnis Badan Usaha Milik Pemerintah dalam sudut pandang good corporate governance / Yuni Aisyah Kurniawati

Kurniawati, Yuni Aisyah (2017) Tata kelola unit bisnis Badan Usaha Milik Pemerintah dalam sudut pandang good corporate governance / Yuni Aisyah Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Yuni Aisyah. 2017. Tata Kelola Unit Bisnis Badan Usaha Pemerintah Dalam Sudut Pandang Good Corporate Governance. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak. CA. CMA. CIBA. CSRS. Kata Kunci Tata Kelola BUMN Good Corporate Governance Badan Usaha Milik Negara merupakan lembaga yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan modal secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. Fungsi BUMN yaitu melakukan pengelolaan sumber daya ekonomi yang bersifat vital strategis dan menguasai hidup orang banyak. Dalam pengelolaannya laba yang diperoleh oleh BUMN bukan hanya berasal dari pendapatan operasional namun juga pendpatan non keuangan.. Beberapa unit bisnis dibentuk yang nantinya akan menghasilkan pendapatan non keuangan perusahaan. Salah satu bentuk unit bisnis tersebut yaitu pengelolaan sektor pariwisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tata kelola unit bisnis pemerintah dalam sektor pariwisata berdasarkan prinsip good corporate governance yang meliputi transparasi akutabilitas responsibilitas independensi dan kewajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambil objek penelitian pada wisata z. Sumber data berasal dari hasil wawancara serta dokumentasi pada subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu peneliti sendiri. Peneliti menggunakan metode triangulasi untuk menjaga kebsahan temuan. Kegiatan analisis data terdiri dari 3 tahap yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Wisata Z terlihat hanya sebatas formalitas karena masih terdapat intervensi dari Perum X dalam penyusunan RencanaKerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) (2) Masih terdapat banyak kecurangan yang dilakukan oleh karyawan dalam pelaksanaan kegiatan (3) Pengelola Wisata Z tidak menerapkan prinsip responsibilitas kerena pengendalian internal tidak dijalankan sesuai prosedur (4) Pertanggungjawaban Wisata Z belum terlaksana kepada masyarakat karena belum transparan atas informasi yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti selanjutnya diharapkan memberikan gambaran secara utuh pada unit bisnis pemerintah dalam bidang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37379

Actions (login required)

View Item View Item