Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan good corporate governance terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015 / Nabilla Sugmana Wati M.H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan good corporate governance terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015 / Nabilla Sugmana Wati M.H.

Hasan, Nabilla Sugmanawati Maharani (2017) Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan good corporate governance terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015 / Nabilla Sugmana Wati M.H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasan Nabilla Sugmanawati Maharani. 2017. Pengaruh Profitabilitas Ukuran Perusahaan dan Good Corporate Governance (GCG) terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Profitabilitas Ukuran Perusahaan Good Corporate Governance Kebijakan Dividen. Kebijakan dividen merupakan kebijakan yang diambil manajemen perusahaan untuk memutuskan membayarkan sebagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham daripada menahannya sebagai laba ditahan. Kebijakan dividen dipengaruhi oleh 11 faktor yaitu undang-undang posisi likuiditas kebutuhan pelunasan hutang pembatasan dalam perjanjian hutang tingkat ekspansi aktiva tingkat laba stabilitas laba akses ke pasar modal kendali perusahaan posisi pemegang saham sebagai pembayar pajak dan pajak atas laba yang diakumulasikan secara salah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas ukuran perusahaan dan GCG terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Grand Theory yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Agency Theory. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012 hingga 2015 yang berjumlah 155 perusahaan. Metode pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan siperoleh sampel sebanyak 56 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data adalah dokumentasi yang menggunakan data sekunder dari laporan keungan tahunan yang diperoleh dari www.idx.co.id. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan software SPSS 16.0. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen. Sedangkan Good Corporate Governance (GCG) berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen. Keterbatasan penelitian ini yaitu penelitian ini hanya menjelaskan pengaruh variabel profitabilitas ukuran perusahaan dan GCG terhadap kebijakan dividen. Sementara masih banyak variabel-variabel lain yang mempengaruhi kebijakan dividen. Maka saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan berbagai macam variabel-variabel lain yang diduga memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37376

Actions (login required)

View Item View Item