Telaah model perhitungan harga pokok pada usaha penggemukan sapi pedaging UD Subur Makmus / Reni Setianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Telaah model perhitungan harga pokok pada usaha penggemukan sapi pedaging UD Subur Makmus / Reni Setianingsih

Setianingsih, Reni (2017) Telaah model perhitungan harga pokok pada usaha penggemukan sapi pedaging UD Subur Makmus / Reni Setianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setianingsih Reni. 2017. Telaah Model Perhitungan Harga Pokok pada Usaha Penggemukan Sapi Pedaging UD Subur Makmur. Skripsi. Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si . Ak. Kata Kunci harga pokok model perhitungan informasi motivasi. Komoditas sapi mempunyai keunikan yaitu kenaikan harga jual yang fluktuatif pada momentum tertentu. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan dua faktor penyebabnya yaitu panjangnya rantai distribusi dan kurang optimalnya efektifitas dan efisiensi peternak sapi pedaging di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut peternak membutuhkan informasi-informasi keuangan guna pengambilan keputusan yang handal. Harga pokok merupakan salah satu informasi penting yang dibutuhkan manajemen sebuah perusahaan dalam menjalankan misi tersebut. Informasi harga pokok bermanfaat untuk mendorong kesadaran biaya guna mewujudkan efektifitas dan efisiensi serta menjadi pertimbangan utama penentuan harga jual. Peternak sapi pedaging mempunyai karakteristik khusus dalam menjalankan usahanya. Model perhitungan harga pokok peternak sapi pedaging disesuaikan dengan kebutuhan informasi dan sumber daya yang dimiliki. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali model perhitungan harga pokok beserta motivasi penentuan harga pokok dan kebijakan harga jual penggemukan sapi pedaging UD Subur Makmur. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian studi kasus yaitu penelitian yang berupa paparan kebahasaan dalam bentuk audio dituangkan dalam bentuk kutipan-kutipan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama model perhitungan harga pokok oleh peternak didasarkan atas pertimbangan pribadi karena kurangnya pengetahuan mengenai akuntansi biaya dan waktu yang dimiliki. Kedua dalam perhitungan harga pokok terdapat unsur biaya perawatan dokter menjadi pembeda peternak dengan peternak lain di Kecamatan Grogol hal ini didorong motif mengurangi resiko kerugian akibat wabah dan biaya tambahan perolehan sapi bakalan kepada pemasok langganan bertujuan menjamin loyalitasnya. Ketiga penentuan kebijakan harga jual dilandasi prinsip kejujuran dalam rangka menjaga loyalitas pelanggan dan motif untuk membantu warga desa Cerme. Penelitian ini mengalami kesulitan dalam menggali informasi mengenai bagaimana sumber dana yang digunakan untuk pengembangan usaha sehingga penelitian selanjutnya disarankan untuk menggali bagaimana alokasi laba perusahaan yang digunakan oleh pemilik untuk mengembangkan usaha. Penelitian ini juga menyarankan peternak sapi untuk mengaplikasikan model perhitungan harga pokok yang menghasilkan informasi harga pokok yang handal dimulai dari pencatatan transaksi usaha. ABSTRACT Setianingsih Reni. 2017. Review the Cost Calulation Model on Beed Cattle Fattening Business of UD Subur Makmur. Sarjana s Thesis. Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisor Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si . Ak. Keywords cost calculation model information motivation. Cattle comodities have uniqueness which is increasing in selling price at certain moment. These are two factors stated by Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) which are long distribution chains and Indonesian cattle breeders less effectivess and effiency. To achieve that the breeders need financial information for reliable decission making. Cost of goods is one of important information needed by companies management in carrying out the mission. Cost of goods information is usefull to encourage cost awareness in order to realize the effectiveness and efficiency and become the main consideration in determining selling price. Beef breeders have special characterisrics in running their business. Their cost of goods calculation can be adjusted based on their information needs and resources.This research is aimed to explore beef breeder UD Subur Makmur cost of goods calculation model along with its motivation of determining the cost of goods and selling price policy. This research used case study research design that is research in the form of language exposure in the form of audio poured be performed in interview quotations.Data collection was done by using interview tachnique and field observation. The instrument of it was human instrument performed by the researcher herself. Based on the results of these studies obtained these following three conclusions. First the basic cost model by the breeder is based on personal consideration because of lack of knowledge about cost accounting and time owned. Secondly in the calculation of the cost of the goods there are doctors care expense and the additional fee for suppliers. Doctors care expense become the differentiator the subject with other breeders. The additional fee of beef cattle for suppliers is aimed at ensuring their loyalty. Third the selling price policy are based on honesty principle in order to maintain customer loyalty and motives to help the Cerme s villagers. This study has difficulties in exploring information about how funding sources are used for business development so the next study is suggested to explore how the company profit allocation used by the owner to develop the business. This study also suggests the beef breeders to apply the basic cost of goods calculation model that can generate the reliable cost of goods information starting with recording business transactions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37361

Actions (login required)

View Item View Item