Pengembangan media animasi powtoon sebagai penunjang pembelajaran pada pokok bahasan Jurnal Umum Perusahaan Dagang / Cintya Libryawati Atmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi powtoon sebagai penunjang pembelajaran pada pokok bahasan Jurnal Umum Perusahaan Dagang / Cintya Libryawati Atmoko

Atwoko, Cintya Libryawati (2017) Pengembangan media animasi powtoon sebagai penunjang pembelajaran pada pokok bahasan Jurnal Umum Perusahaan Dagang / Cintya Libryawati Atmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atwoko Cintya Libryawati. 2017. Pengembangan Media Animasi PowToon Sebagai Penunjang Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Jurnal Umum Perusahaan Dagang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA Kata Kunci Media Animasi PowToon Penunjang Pembelajaran Pembelajaran sebagai suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa yang disusun sedemikian rupa untuk mendukung dan mempengaruhi terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Pemanfaatan media animasi PowToon dapat menjadi alternative dalam mempengaruhi minat siswa untuk mengatasi permasalahan kejenuhan dalam pembelajaran. Media animasi PowToon diharapkan dapat mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan media animasi ini dikemas sebaik mungkin dan diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menerima materi pelajaran sehingga dapat mempelajari materi jurnal umum perusahaan dagang dengan mudah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini adalah tujuan menghasilkan media animasi PowToon sebagai penunjang pembelajaran akuntansi SMK kelas X. Selain itu penelitian dan pengembangan ini juga ditujukan untuk menguji kelayakan produk yang telah dihasilkan dan diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran akuntansi di SMK khusus nya di SMK kepanjen. Model pengembangan produk media pembelajaran ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall yang terdiri dari studi lapangan pengembangan produk uji validitas produk revisi produk ke-1 uji coba terbatas revisi produk ke-2 produk akhir. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase. Data kualitatif berupa saran dan kritik dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Validasi isi produk dilakukan dengan menggunakan angket yang dilengkapi dengan skala penilaian berdasarkan skala Likert. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi dapat diperoleh adalah ahli materi sebesar 82 11% ahli media sebesar 97 39% dan uji coba terbatas sebesar 82 83%. Sehingga apabila hasil tersebut dihitung secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 87 44%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media animasi PowToon sebagai penunjang pembelajaran pada pokok bahasan jurnal umum perusahaan dagang dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran di SMK Kepanjen. Saran kepada pengembangan selanjutnya dapat membuat produk dengan konsep dan materi yang lain dengan cara memanfaatkan media online. ABSTRACT Atwoko Cintya Libryawati. 2017. The Development of PowToon Animation Media for Supporting Learning on the Subject of General Journal in Trading Company. Sarjana s Thesis. Department of Accounting Faculty of Economics State University of Malang. Advisors Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA Keywords Media Animation PowToon Supporting Learning Learning as a system that aims to help the student learning process which is structured in such a way to support and influence the students learning processes that are internal. The utilization of a PowToon animation media can be an alternative to affect the interest of students to solve the problems of saturation in learning. PowToon animation media are expected to affect the interests of students in participating in learning. The utilization of animation media properly packed is expected to facilitate students to receive course materials so that they can learn the material general journal in trading company easily. The purpose of this development research is to bring out of PowToon animation media for accounting support learning for class X. Besides research and development is also intended to test the feasibility of the products that have been produced and are expected to support accounting learning process in vocational high school esspecially in SMK Kepanjen. The development model of the learning media used a modification of Borg and Gall research and development procedures including pilot study product development test the validity of the product product revision 1 limited trial and errors product revision 2 products end. The data used in this study are quantitative and qualitative. Quantitative data in the form of validation results were analyzed using descriptive analysis percentage. Qualitative data includes suggestions and criticics by validators used as a consideration in revising the media developed. Validation content of the product is done by using a questionnaire with Likert scale assessment. Based on data retrieved from the results of the validation. Material expert of 82 11% media expert of 97 39% and limited trial and errors of 82 83%. We cloud get average of validation is 87 44%. From the results we can conclude that PowToon animation media as supporting learning on the subject of general journal in trading company is valid and feasible to be used in learning process in SMK Kepanjen. Suggestions for further development can make products with the concept and other material by utilizing online media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37320

Actions (login required)

View Item View Item