Anita (2017) Analisis pengukuran kinerja pemerintah menggunakan persspektif balance scorecard (studi kasus pada Dinas Pertanian Kabupaten X di Jawa Timur) / Anita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anita. 2017. AnalisisPengukuranKinerjaPemerintahMenggunakanPerspektif Balance Scorecard StudiKasusPadaDinasPertanianKabupaten X di JawaTimur. Skripsi JurusanAkuntansi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. SatiaNur Maharani S.E. M.Sa. Ak. Kata kunci PengukuranKinerja Pemerintah Balance Scorecard PenelitianinimemfokuskanperhatianpadapenerapanmetodeBalance ScorecarddalammenilaikinerjaDinasPertanianKabupaten X yang selamainimasihmenggunakan LAKIP sebagailaporankinerjanya.Pengukurankinerjapemerintahdenganmenggunakan LAKIP mulaimendapatkritikdikarenakan LAKIP tidakmampumengukuraspekintangiblesepertikepuasanpelanggandankepuasanpegawai.Balance Scorecard sebagaimetodepengukurankinerjapemerintahmemilikiempatperspektifyaituperspektifkeuangan pelanggan proses bisnis internal sertapembelajarandanpertumbuhan. TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenelitibagaimanakahmetodeBalance Scorecard menilaikinerjaDinasPertanianKabupaten X. Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifdenganmetodestudikasus.Sumber data penelitianinimenggunakan data primer dan data sekunder.Data primer diperolehmelaluiwawancaradanobservasi sedangkan data sekunderdiperolehdarilaporanrealisasianggaran laporankeuangan danlaporankinerjadariDinasPertanianKabupaten X tahun 2015-2016. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) perspektifkeuangandapatdinilaibaik.Hal tersebutdibuktikandengansistemperencanaan yang tertatamulaidariperencanaananggaran implementasi evaluasi sertapertumbuhananggaran.Akan tetapi (2) penilaianpadaaspekpelangganmasihkurangbaik.Ditunjukkandengankurangnyakontroldaridinasterhadappenanganankeresahanpetani mulaidarisosialisasikurangmerata distribusihibahtidaktepatsasaran sertakesulitanaksespupukbersubsidi. (3) Padaaspek proses bisnis internal ketersediaansaranadanprasaranalengkapsehinggamendukung proses operasional. Namun padaaspek proses inovasiterhadappelayananpublikmasihkurang. Di lain hal (4) perspektifpembelajarandanpertumbuhandinilaibaikdenganpegawai yang kompetensertaadanyadukunganmotivasi.Pemanfaatanteknologiinformasidapatdioptimalkanakantetapipadaaspekbudayaorganisasimasihkurang. Minimnyaketerlibatanpegawaipadadinasmenyebabkanterhambatnya proses inovasiterhadappelayanan. Hal tersebut tentunyaakanmemengaruhikinerjapemerintahsehinggamasyarakatmerasatidakpuas. Selainitu jugaakanmemengaruhiterciptanyabudayaorganisasisebagaikeunggulannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/37310 |
Actions (login required)
View Item |