Hubungan implementasi teknik pembinaan profesional dengan performansi mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Firly Khoirun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan implementasi teknik pembinaan profesional dengan performansi mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Firly Khoirun Nisa

Nisa, Firly Khoirun (2016) Hubungan implementasi teknik pembinaan profesional dengan performansi mengajar guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Singosari Kabupaten Malang / Firly Khoirun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Firly Khoirun. 2016. Hubungan Implementasi Teknik Pembinaan Profesional dengan Performansi Mengajar Guru di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd Kata Kunci Teknik pembinaan profesional Performansi mengajar guru. Guru merupakan unsur terpenting dalam lembaga pendidikan karena sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Tenaga pendidik perlu dibina agar mereka menjadi lebih profesional. Guru yang profesional adalah guru yang menguasai kompetensi paedagogik kepribadian sosial dan profesional. oleh karena itu guru sangat memerlukan bantuan pembinaan profesional dalam rangka meningkatkan pembelajaran di dalam kelas. Pembinaan Profesional dapat diberikan kepada guru melalui kegiatan supervisi dengan berbagai teknik yang dapat disesuaikan dengan permasalahan guru. Pengawas/Kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan pembinaan profesional melalui supervisi kepada guru agar performansi guru dalam mengajar semakin meningkat. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai tingkat efektifitas implementasi pembinaan profesional yang dilakukan di MI se-Kecamatan Singosari karena MI se-Kecamatan Singosari saat ini merupakan sekolah rujukan masyarakat yang tinggal di daerah Singosari. Sehingga rumusan masalah yang dapat dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat efektivitas implementasi teknik pembinaan profesional guru di MI se-Kecamatan Singosari jika dilihat dari perbedaan gender usia kualifikasi akademik dan masa kerja guru (2) Bagaimana tingkat kulaitas performansi mengajar guru di MI se-Kecamatan Singosari jika dilihat dari perbedaan gender usia kualifikasi akademik dan masa kerja guru (3) Bagaimana hubungan implementasi teknik pembinaan profesional guru terhadap performansi mengajar guru di MI se-Kecamatan Singosari Penelitian ini menggunakan rancangan deskripstif korelasional dengan tujuan untuk mengetahui hubungan implementasi program pembinaan profesional dengan performansi mengajar guru. Populasi penelitian ini yaitu guru MI se-Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan jumlah 165 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 117 orang guru. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Skala yang digunakan merupakan skala Likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Dan data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik korelasi product moment. Untuk menguji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas analisis data penelitian ini menerapkan teknik korelasi product moment yang diselesaikan melalui program SPSS (Statistical Product and Special Service) 18.0 for windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan sebesar 0 726 0 195 dengan taraf signifikansi 5% berarti ada hubungan signifikan antara program pembinaan profesional dengan performansi mengajar guru di MI se-Kecamatan Singosari. Untuk hubungan variabel Y dengan variabel kontrol yaitu hanya antara variabel performansi mengajar guru dengan kualifikasi akademik guru menunjukkan sebesar 0 027 0 05 berarti ada hubungan signifikan antara performansi mengajar guru dengan kualifikasi guru di MI se-Kecamatan Singosari. Dilihat dari implementasi teknik pembinaan profesional yang dilakukan ditemukan bahwa tingkat efektifitas implementasi pembinaan profesional guru termasuk dalam kualifikasi sangat efektif dan tingkat kualitas performansi mengajar guru di MI se-Kecamatan Singosari juga termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Terdapat pula hubungan yang signifikan antara implementasi teknik pembinaan profesional dengan performansi mengajar guru dan terdapat hubungan yang signifikan antara performansi mengajar guru dengan kualifikasi akademik guru di MI se-Kecamatan Singosari. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dikemukakan bagi kepala sekolah di MI se-Kecamatan Singosari diharapkan dapat melaksanakan pembinaan profesional secara rutin di sekolah dengan berbagai teknik terutama teknik yang jarang digunakan untuk pembinaan profesional dan harus disesuaikan dengan permasalahan guru. Bagi guru-guru di MI se-Kecamatan Singosari diharapkan dapat terus mempertahankan dan meningkatkan performansi mengajarnya agar kualitas pembelajaran mutu pendidikan kualitas lulusan dan kemajuan sekolah dapat terus meningkat. Bagi mahasiswa jurusan Administrasi pendidikan dapat mempelajari pedoman-pedoman maupun hasil penelitian mengenai pembinaan profesional dan performansi mengajar guru sehingga ke depannya apabila mahasiswa sudah lulus dan masuk dalam dunia pendidikan dapat mengimplementasikan apa yang telah dipelajari dengan baik. Dan bagi peneliti lain diharapkan dapat dipergunakan sebagai acuan apabila mahasiswa dan peneliti lain berminat meneliti lebih lanjut tentang pembinaan profesional dan performansi mengajar guru dengan variabel populasi yang berbeda dan instrumen yang tidak hanya mengambil dari persespi guru namun juga mencakup sudut pandang pimpinan teman sejawat dan siswa. Selain itu juga peneliti lain diharapkan dapat meneliti beberapa teknik yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item