Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode discovery learning siswa kelas X Multimedia SMK Kosgoro 01 Lawang / Yanuar Sinatra - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode discovery learning siswa kelas X Multimedia SMK Kosgoro 01 Lawang / Yanuar Sinatra

Sinatra, Yanuar (2012) Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode discovery learning siswa kelas X Multimedia SMK Kosgoro 01 Lawang / Yanuar Sinatra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Discovery Learning hasil belajar Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK Kosgoro 01 Lawang-Malang menunjukkan metode pembelajaran mata pelajaran Matematika masih cenderung menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas mandiri. Dengan menggunakan metode ceramah kebanyakan siswa merasa bosan dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru sehingga hanya 40% hasil belajar siswa yang mencapai KKM KKM untuk pelajaran matematika yaitu 75. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning. Discovery Learning adalah metode pembelajaran yang dalam prosesnya siswa berusaha menemukan sendiri dan memahami konsep dan definisi materi pembelajaran. Metode ini memajukan cara belajar aktif yang berorientasi pada proses mengarah sendiri dan reflektif. Lokasi penelitian ini di SMK Kosgoro 01 Lawang dengan mengambil subyek penelitian siswa kelas X Multimedia dengan jmlah sebanyak 3 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki tahapan (1) Perencanaan tindakan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara test angket dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 72 92 dengan nilai teringgi 91 67 dan nilai terendah 50 siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 7 siswa dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 siswa dengan presentase 56 25% sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1 hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 80 73 dengan nilai teringgi 100 dan nilai terendah 66 67 siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 4 siswa dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 12 siswa dengan presentase 75%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa penerapan metode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika serta peneliti menyimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan berhasil

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item