Transformasi budaya organisasi pada peserta didik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Selvi Kusumawardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Transformasi budaya organisasi pada peserta didik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Selvi Kusumawardani

Kusumawardani, Selvi (2016) Transformasi budaya organisasi pada peserta didik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Selvi Kusumawardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawardani Selvi. 2016. Transformasi Budaya Organisasi pada Peserta Didik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ngeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd Dosen Pembimbing (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S. Sos M.Pd. Kata kunci transformasi budaya budaya organisasi pada peserta didik Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan suasana belajar sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi diri dapat memiliki karakter kepribadian berperilaku baik. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 memuat pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara . Pendidikan ditinjau dari fungsinya sebagai transformasi budaya yakni kegiatan pewarisan budaya dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Menurut Tirtarahardja dan Sulo (2005 33) ditinjau dari segi fungsinya pendidikan sebagai transformasi budaya diartikan sebagai kegiatan pewarisan budaya dari suatu generasi ke generasi yang lain . Fokus penelitian ini adalah (1) bentuk budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malan (2) teknik transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (3) proses transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang (4) faktor pendukung transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan (5) faktor penghambat transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah wakil kepala sekolah guru kelas dan peserta didik. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik kecukupan referensial dan pengecekan keanggotaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama bentuk budaya organisasi yang diterapkan di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang diantaranya yakni budaya akademik budaya demokratis dan budaya sosial kedua teknik yang digunakan dalam transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang melalui pembiasaan dan keteladanan pembinaan disiplin hadiah dan hukuman strategi pembelajaran dan pendidikan karakter ketiga proses transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dilaksanakan melalui perencanaan pelaksanaan pengawasan penilaian keempat faktor pendukung transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang yakni kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dan adanya pengawasan dari kepala sekolah kelima faktor penghambat transformasi budaya organisasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang bersumber dari peserta didik dan bersumber dari bapak dan ibu guru. Saran untuk penelitian ini diberikan kepada (1) bagi Kepala SD Laboratorium Universitas Negeri Malang diharapkan lebih banyak mengkaji tentang budaya sekolah sehingga dapat menambah bentuk budaya yang dapat dilaksanakan di sekolah (2) bagi Guru dan peserta didik SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dapat melaksanakan dan memiliki antusiasme dalam melaksanakan transformasi budaya sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien (3) bagi Orangtua Peserta Didik diharapkan lebih berantusias dalam mendukung program sekolah dalam melaksanakan transformasi budaya sehingga kegiatan pelaksanaan dapat berjalan secara efektif dan efisien dan (4) bagi peneliti lain diharapkan dapat memperhatikan transformasi budaya organisasi di lembaga pendidikan dan memberikan wawasan serta informasi mengenai penelitian yangs sejenis sehingga dapat memaksimalkan hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3729

Actions (login required)

View Item View Item