Studi fenomenologi: transparansi pemanfaatan sistem informasi akuntansi di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan / Priska Manda Apsari

Apsari, Priska Manda (2018) Studi fenomenologi: transparansi pemanfaatan sistem informasi akuntansi di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan / Priska Manda Apsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Apsari, Priska Manda. 2016. Studi Fenomenologi Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si, Ak., (2) Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si, Ak. Kata Kunci : Fenomenologi, Transparansi, SIMDA. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengangkat fenomena transparansi mengenai pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana para informan menjabarkan tentang apa yang dilakukan, pendapat mereka mengenai transparansi, pemanfaatan SIMDA untuk membantu menghasilkan laporan keuangan dan pemanfaatan teknologi seperti website untuk mendukung transparansi kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan paradigma fenomenologi. Metode pengumpulan data berupa wawancara langsung dengan para informan. Analisis data dilakukan dengan cara mengkategorikan temuan-temuan penelitian berupa hasil jawaban wawancara yang sejenis kemudia dipaparkan dengan dibandingkan menggunakan teori dan peraturan yang berlaku serta penelitian terdahulu. Hasil Penelitian ini adalah : (1). Para pelaksana akuntansi di instansi ini memaknai transparansi seperti keterbukaan dalam menyampaikan informasi kepada pihak ketiga termasuk masyarakat didalamnya (2). Para Pelaksana Akuntansi (Bendahara SKPD) memahami tupoksi mereka di bagian akuntansi sebagai penyedia Laporan Keuangan. Akan tetapi mereka tidak berwenang menginformasikan Laporan Keuangan kepada masyarakat tanpa seijin atasan, (3). Pelaksana akuntansi yang berusia lanjut merasa adanya aplikasi ini membantu tetapi juga menjadi hambatan karena daya adaptasi yang semakin menurun (4). Untuk informan yang berusia muda dan produktif mengungkapkan bahwa adanya aplikasi ini sangat banyak membantu dari segi kecepatan dan efektivitas penggunaan dalam menghasilkan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37271

Actions (login required)

View Item View Item