Wulandari, Anik (2016) Hubungan intensitas komunikasi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang / Anik Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wulandari Anik. 2016. Hubungan Intensitas Komunikasi dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Imron Arifin M.Pd. (II) Teguh Triwiyanto S.Pd. M.Pd. Kata kunci intensitas komunikasi motivasi kerja kinerja tenaga kependidikan Penyelenggaraan pendidikan perlu dilaksanakan dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi apabila pendidikan yang diberikan berkualitas. Perguruan tinggi perlu mengelola sumber daya manusia yang ada di perguruan tinggi tersebut. Sumber daya manusia yang dimaksud yaitu pendidik maupun tenaga kependidikan. Tugas-tugas tenaga kependidikan merupakan tugas yang tidak kalah pentingnya dari tugas pendidik. Oleh karena itu tenaga kependidikan perlu melakukan tugas-tugas tersebut dengan baik. Kinerja tenaga kependidikan dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Intensitas komunikasi dan motivasi termasuk dalam hal-hal yang dapat mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan. Oleh karena itu perlu adanya komunikasi yang baik antar tenaga kependidikan dan juga perlu adanya motivasi baik dari dalam maupun dari luar individu untuk memberikan kinerja yang baik pula. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendiskripsikan (1) seberapa tinggi intensitas komunikasi tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang (2) seberapa tinggi tingkat motivasi kerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang (3) seberapa tinggi tingkat kinerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang (4) hubungan intensitas komunikasi dengan kinerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang (5) hubungan motivasi kerja dengan kinerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang (6) hubungan intensitas komunikasi dengan motivasi kerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang dan (7) hubungan intensitas komunikasi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang dengan responden tenaga kependidikan sebanyak 252 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner/angket. Analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) analisis deskriptif (2) analisis korelasi product moment pearson dan (3) analisis korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) intensitas komunikasi tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang termasuk dalam kriteria sedang (2) motivasi kerja tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang termasuk dalam kriteria sedang (3) kinerja tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang termasuk dalam kriteria sedang (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas komunikasi dengan kinerja tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang (5) ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang (6) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas komunikasi dengan motivasi kerja tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang dan (7) ada hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas komunikasi dan motivasi kerja dengan kinerja tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat disampaikan yaitu kepada (1) pimpinan disemua unit kerja Universitas Negeri Malang hendaknya meningkatkan intensitas komunikasi dengan pegawainya. Pimpinan hendaknya memberikan informasi kepada pegawainya dengan lebih jelas. Selain itu pimpinan hendakya lebih memperhatikan kondisi kerja dan memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengembangkan diri (2) tenaga kependidikan Universitas Negeri Malang diharapkan untuk tidak ragu-ragu dalam menyampaikan pendapatnya kepada pimpinan. Tenaga kependidikan perlu lebih meningkatkan kinerjanya dengan cara menggunakan sarana dan prasarana khususnya barang habis pakai secara efektif dan efisien. Selain itu tenaga kependidikan di Universitas Negeri Malang hendaknya melakukan perawatan peralatan kantor secara rutin (3) ketua jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya dapat dijadikan bahan untuk pengembangan materi perkuliahan. Khususnya dalam pengembangan materi perkuliahan manajemen sumber daya manusia dan (4) peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan oleh peneliti lain dalam melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan variabel lain yang berkaitan dengan kinerja tenaga kependidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |