Pengaruh transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat terhadap pengambilan keputusan publik / Natalia Langi

Langi, Natalia (2018) Pengaruh transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat terhadap pengambilan keputusan publik / Natalia Langi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Langi, Natalia. 2018. Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barata Terhadap Pengambilan Keputusan Publik. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E.,M.A., MM.,Ak (II) Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E.,Mpd.,M.Si.,Ak. C.A Kata Kunci: Transparansi, Akuntabilitas, Laporan Keuangan Pengambilan Keputusan Publik Pemerintah daerah dituntut untuk dapat melakukan sebuah transparansi terlebih dalam pengelolaan keuangan publik. Dengan adanya transparansi laporan keuangan, publik akan memperoleh informasi yang aktual dan faktual, sehingga mereka dapat dapat menggunakan informasi tersebut sebagai bahan pengambilan keputusan. Akuntabilitas adalah prinsip pertanggungjawaban publik yang berarti bahwa proses penganggaran mulai dari perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan harus benar-benar dapat dilaporkan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada DPRD dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahaui apakah ada pengaruh transparansi laporan keuangan terhdap pengambilan keputusan (2) mengetahui apakah ada pengaruh akuntabilitas laporan keuangan terhadap pengambilan keputusan. Data yang digunakan adalah data primer. Sampel penelitian ini adalah 118 desa yang setiap desa diwakili 1 responden. Dengan kriteria responden adalah tokoh masyarakat seperti pendeta, ulama, uztad, dan tokoh-tokoh adat. Instrumen penelitian ini berbentuk angket, analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi linear berganda. Simpulan penelitian ini adalah variabel transparansi laporan keuangan bengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan publik. Akuntabilitas laporan keuangan berngaruh negatif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan publik. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah Sebagai pengguna laporan keuangan, penelitian ini hanya mengambil sampel tertuju pada tokoh-tokoh masyarakat seperti pendeta, uztad dan ulama atau yang bisa dikatakan bukan sebagai PNS, penelitian ini hanya menggunakan data primer. Saran dalam penelitian ini pemerintah Kabupaten Halmahera Barat perlu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan sebagai bahan pengambilan keputusan, Sebaiknya untuk peneliti selanjutnya diharapkan menambahkan sumber data, bukan hanya data primer tetapi juga data sekunder seperti laporan keuangan, untuk peneliti selanjutnya menambahkan sampel pengguna laporan keuangan yang (bukan PNS) seperti mahasiswa dan pengusaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37269

Actions (login required)

View Item View Item