Inventarisasi dan penilaian atas aset biologis pada Kebun Raya Purwodadi / Siti Nurkhasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Inventarisasi dan penilaian atas aset biologis pada Kebun Raya Purwodadi / Siti Nurkhasanah

Nurkhasanah, Siti (2018) Inventarisasi dan penilaian atas aset biologis pada Kebun Raya Purwodadi / Siti Nurkhasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nurkhasanah Siti. 2017. Inventarisasi dan Penilaian Atas Aset Biologis Pada Kebun Raya Purwodadi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Puji Handayati S.E. M.M. Ak. CA. CMA. CIBA. CSRS. Kata Kunci Inventarisasi dan Penilaian Aset Biologis Kebun Raya Purwodadi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2011 menyatakan bahwa hanya 8.000 jenis flora yang sudah teridentifikasi. Jumlah tersebut diperkirakan baru 20% dari jumlah flora yang ada di Indonesia. Penilaian aset biologis untuk entitas publik di Indonesia masih belum memiliki standar yang pasti dan masih dalam proses penyelesaian. Di Indonesia pro kontra mengenai penilaian asset berupa makhluk hidup masih terjadi. Beberapa pihak menyoroti hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar nilai dari suatu objek dan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. Namun sebagian lainnya masih mempermasalahkan nilai yang setara dengan objek hidup tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk inventarisasi dan mekanisme penilaian aset biologis pada Kebun Binatang Purwodadi dan memberikan masukan mengenai penilaian aset biologis dengan mempertimbangkan aspek ekonomi lingkungan dan kelangkaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan mengambil objek penelitian pada Kebun Raya Purwodadi. Sumber data berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi pada objek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data yang meliputi triangulasi metode dan sumber. Kegiatan anailisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh beberapa hasil penelitian antara lain (1) Aset tumbuhan di BKT Kebun Raya Purwodadi diklasifikasikan menjadi dua yaitu aset tetap lainnya dan persediaan (2) terdapat perbedaan dalam penilaian aset setelah pengakuan untuk aset tetap lainnya dan persediaan (3) BKT Kebun Raya Purwodadi melaporkan asetnya dalam neraca LAKIP dan laporan stock opname bibit (4) Terdapat perbedaan persepsi antara orang keuangan dan orang scientific dalam menyikapi penilaian aset yang dilakukan oleh BKT Kebun Raya Purwodadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37261

Actions (login required)

View Item View Item