Prastiawan, Arif (2016) Hubungan mutu fasilitas sekolah dengan kepuasan peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kota Malang / Arif Prastiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prastiawan Arif. 2016. Hubungan Mutu Fasilitas Sekolah dengan Kepuasan Peserta Didik di SMA Negeri Kota Malang. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mustiningsih M.Pd (2) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata kunci fasilitas sekolah kepuasan dan peserta didik Peserta didik sebagai pengguna jasa pendidikan mengharapkan fasilitas sekolah yang bermutu seperti ruang kelas yang luas dan bersih ruang perpustakaan yang nyaman dan tenang jauh dari kebisingan sehingga peserta didik dalam belajar dapat lebih maksimal dan juga merasa betah untuk berlama-lama di perpustakaan sekolah. Sekolah dituntut untuk menyediakan layanan fasilitas sekolah yang bermutu untuk memberikan kepuasan kepada peserta didik. Di SMA Negeri Kota Malang ditemukan adanya masalah beberapa fasilitas sekolah yang kurang maksimal seperti jaringan internet yang tidak bisa diakses oleh peserta didik. Toilet sekolah yang kurang bersih dan wangi. Pencahayaan dan penerangan yang masih kurang. Buku-buku yang masih belum dapat menunjang dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat mutu fasilitas sekolah di SMA Negeri Kota Malang (2) Mendeskripsikan tingkat kepuasan peserta didik di SMA Negeri Kota Malang (3) Menguji hubungan mutu fasilitas sekolah dengan kepuasan peserta didik di SMA Negeri Kota Malang. Kepuasan peserta didik memiliki arti suatu tingkat perasaan dimana keinginan harapan dan kebutuhan peserta didik dipenuhi di sekolah. Fasilitas sekolah memiliki arti semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan digunakan secara langsung untuk melancarkan kegiatan belajar di sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif-korelasional dengan model korelasional dwivariat (X 8594 Y). Penelitian ini mengungkapkan dua macam kelompok variabel sebagai dasar acuan penelitian. Kelompok pertama variabel (X) adalah mutu fasilitas sekolah dengan variabel terikat (Y) kepuasan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 8.969 peserta didik kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional simpel random sampling dan menggunakan rumus formula Slovin diperoleh hasil sampling sejumlah 383 peserta didik. Selain itu diperoleh hasil validitas pada variabel mutu fasilitas sekolah (X) yaitu 0 612 sedangkan validitas pada variabel kepuasan peserta didik (Y) yaitu 0 721. Reliabilitas pada variabel mutu fasilitas sekolah (X) yaitu 0 956 sedangkan reliabilitas pada variabel kepuasan peserta didik (Y) yaitu 0 967. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif jenis data ordinal untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner tertutup online. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus deskriptif (menentukan kualifikasi dan menentukan persentase) dan menggunakan rumus products moment pearson untuk korelasi. Hasil menunjukkan bahwa (1) Tingkat kepuasan peserta didik terhadap mutu fasilitas sekolah di SMA Negeri Kota Malang berada dalam kategori sedang (2) tingkat mutu fasilitas sekolah di SMA Negeri Kota Malang berada dalam kategori sedang (3) terdapat hubungan yang signifikan antara mutu fasilitas sekolah dengan kepuasan peserta didik di SMA Negeri Kota Malang. Saran dalam penelitian ini sebagai berikut (1) bagi Kepala SMA Negeri Kota Malang hendaknya memperhatikan mutu fasilitas sekolah dan kepuasan peserta didik seperti melakukan pemeliharaan evaluasi dan peningkatan fasilitas sekolah yang telah ada. Sehingga kepuasan peserta didik saat berada di sekolah dapat tercapai sesuai dengan harapan mereka (2) Guru Staf dan Pegawai SMA Negeri Kota Malang sebagai personil sekolah yang secara langsung berhubungan dengan fasilitas sekolah untuk dapat selalu menjaga fasilitas sekolah yang telah ada dan peserta didik merasa puas saat menggunakan fasilitas sekolah dan betah berlama-lama di sekolah (3) bagi Peneliti lain hendaknya dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel di luar variabel penelitian ini (variabel loyalitas peserta didik) dan dapat juga menggunakan sampel sekolah lain dan menambahkan jumlah sekolah yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |