Analisis implementasi kurikulum 2013 dengan sistem kredit smester di SMAN 1 Batu / Desi Rostika - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis implementasi kurikulum 2013 dengan sistem kredit smester di SMAN 1 Batu / Desi Rostika

Rostika, Desi (2016) Analisis implementasi kurikulum 2013 dengan sistem kredit smester di SMAN 1 Batu / Desi Rostika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rostika Desi. 2016. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester di SMAN 1 Batu. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Imron Arifin M. Pd (2) Wildan Zulkarnain M. Pd. Kata Kunci analisis SWOT implementasi Kurikulum 2013 sistem kredit semester. SMAN 1 Batu merupakan sekolah yang ditunjuk oleh Direktorat PSMA untuk melaksanakan Kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2013/2014. Pertimbangan penyelenggaraan SKS agar sekali jalan perubahannya dengan pelaksanaan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS (2) mendeskripsikan faktor kekuatan dan kelemahan implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS (3) mendeskripsikan faktor peluang dan tantangan implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS dan (4) mendeskripsikan dampak yang ditimbukan dari implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus deskriptif. Penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Batu diperoleh dari informan yang meliputi kepala sekolah waka kurikulum guru peserta didik serta orangtua peserta didik. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan studi dokumentasi. Langkah yang dilakukan dalam analisis data yaitu reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi pengecekan keanggotaan dan perpanjangan waktu pengamatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS di SMAN 1 Batu dilaksanakan secara bertahap mulai tahun ajaran 2013/2014. Persiapan yang dilakukan meliputi rapat internal sosialisasi kepada guru workshop dan sosialisasi kepada orangtua. Secara teknis sekolah menetapkan struktur kurikulum dan beban belajar membuat sistem seri serta menentukan program lintas minat. Beban belajar peserta didik selama masa pendidikan yaitu 136 sks. Guru melakukan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific learning yang mengacu pada 5M. Peserta didik memperoleh layanan pembinaan rutin dari PA. Penilaian dilakukan guru melalui penilaian tugas terstruktur kegiatan mandiri tidak terstruktur ulangan harian UTS dan UAS yang mencakup kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan. Hasil penilaian dilaporkan kepada orangtua dalam bentuk laporan capaian hasil belajar yang berisi nilai dan predikat dari masing masing kompetensi dan perolehan IP. (2) Faktor kekuatan implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS meliputi 20% guru di SMAN 1 Batu lulusan S-2 beberapa guru menjadi instruktur nasional memiliki sertifikat ISO 9001 2008 buku panduan SKS ruang kelas yang dilengkapi LCD sarana prasarana lengkap dan memadai adanya moving class dan prestasi yang telah diraih sekolah. Faktor kelemahan implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS meliputi adanya sebagian guru yang masih belum siap beberapa guru senior yang kurang paham mengenai penggunaan IT masih ada guru yang belum mengikuti diklat sulit mencari referensi buku pegangan penentuan beban belajar peserta yang masih berubah ubah serta dana yang digunakan untuk menunjang sangat terbatas. (3) Faktor peluang implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS yaitu Direktorat Pembinaan SMA memfasilitasi sekolah untuk melaksanakan SKS adanya dukungan positif dari orangtua masyarakat dan instansi yang terkait dengan SMAN 1 Batu ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan SKS lebih dulu. Sedangkan tantangan yang dihadapi sekolah yaitudi Kota Batu hanya SMAN 1 Batu yang melaksanakan SKS belum ada kepastian mengenai kemudahan peserta didik untuk melanjutkan ke lembaga pendidikan tinggi serta kurangnya pemahaman orangtua tentang konsep Kurikulum 2013 dan penyelenggaraan SKS yang sesungguhnya. (4) Dampak implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS terhadap peserta didik yaitu membuat mereka lebih aktif dan lebih leluasa berekspresi baik selama proses pembelajaran berlangsung maupun dalam hubungan komunikasi dengan sesama temannya. Selaras dengan penerapan SKS juga membuat peserta didik tidak merasa terbebani dengan tidak adanya kenaikan kelas. Akan tetapi masih belum ada tolok ukur perbandingan data mengenai peningkatan aspek kognitif peserta didik. Angkatan pertama dari sasaran implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS baru akan lulus tahun 2015/2016. Kualitas sekolah mengalami peningkatan terutama dalam hal pelengkapan fasilitas yang diberikan kepada peserta didik. Saran disampaikan untuk (1) Kepala Sekolah diharapkan bisa memberdayakan peran semua warga sekolah secara maksimal untuk mengoptimalkan pelayanan pendidikan yang diberikan kepada peserta didik melakukan evaluasi secara berkala mengadakan sosialisasi secara intens kepada orangtua mengenai Kurikulum 2013 dengan SKS dan melakukan perencanaan strategis dengan mengidentifikasi faktor faktor internal dan eksternal dalam implementasi Kurikulum 2013 dengan SKS di sekolah.(2) Pendidik hendaknya memahami secara lebih mendalam mengenai implementasi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 mengembangkan kreativitas untuk mengemas strategi pembelajaran yang lebih bervariasi dan menyenangkan meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan guru lain. (3) Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu hendaknya memberikan fasilitas kepada sekolah yang mampu melaksanakan Kurikulum 2013 dengan SKS dan memberikan pengarahan tentang pelaksanaan Kurikulum dan penyelenggaraan SKS pada jenjang SMA. (4) Peneliti lain yang hendak melakukan penelitian terkait Kurikulum 2013 dengan SKS berdasarkan perspektif yang berbeda dapat mengembangkan penelitian ini pada fokus evaluasi Kurikulum 2013 sehingga dapat diperoleh data perbandingan yang lebih mendalam berkaitan dengan setiap perubahan kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item