Fitriyani, Nurma (2016) Hubungan antara persepsi dan tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMP se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Nurma Fitriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurma Fitriyani. 2016. Hubungan antara Persepsi dan Tingkat Partisipasi Siswa dalam Kegiatan Ekstarkurikuler Pramuka di SMPN Se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M. Pd (II) Dr. Bambang Setyadin M. Pd. Kata Kunci persepsi tingkat partisipasi siswa ekstrakurikuler pramuka Sejalandengan pelaksanaankurikulum 2013 mewajibkan siswa Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) mengikuti kegiatanekstrakurikuler Pramuka. Namun pada kenyataannya ekstrakurikuler Pramuka kurang diminati siswa karena kegiatan yang dipelajari tidak variatif dan monoton. Lalu tidak semua siswa senang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka karena masing-masing siswa memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan tingkat persepsi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka (2) Mendeskripsikan tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan (3) Menemukanhubungan antara persepsi dan partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Penelitian ini menggunakan Teori Partisipasi dari Cohen dan Uphoff sertaSumarto dimana subvariabel penelitiannya adalah pengambilan keputusan kepentingan solidaritas tujuan yang sama ingin melakukan langkah bersama harta benda tenaga keterampilan dan buah pikiran. Sedangkan teori kedua adalah Teori Persepsi dari Robbins adalah faktor penerimaan faktor situasi dan faktor objek. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII dan IX SMP Negeri se-Kecamatan Kepanjen yang terdiri dari 5 SMPN berpopulasi 2.998 lalu dengan pengambilan sampel berjumlah 358 siswa Penentuan subjek menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling dimana nama-nama siswa diambil menggunakan sistem kocokan dengan membuat gulungan kertas kecil yang berisi nomor presensi dengan jumlah 358 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasi Product MomentPearson untuk menganalisis hubungan antara persepsi dan tingkat partisipasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 192 siswa (53 60%) memiliki persepsi tinggi 145 siswa (40 50%) memiliki persepsi sedang dan 21 siswa (5 90%) memiliki persepsi rendah dengan reliabilitas pengukuran persepsi (r 945 0 853). Sedangkan 137 siswa (38 30%) memiliki tingkat partisipasi tinggi 194 siswa (54 20%) memiliki tingkat partisipasi sedang dan 27 siswa (7 50%) memiliki tingkat partisipasi rendah dengan reliabilitas pengukuran tingkat partisipasi (r 945 0 931).Perolehan koefisien korelasi antara X dan Y sebesar 0 773 dengan P 0 00 945 0 05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaada hubungan signifikan antara persepsi dan tingkat partisipasi siswa Kelas VIII dan IX SMPN se-Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat persespi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam kategori tinggi (2) Tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka berada pada kategori sedang (3) Ada hubungan yang signifikan antara persepsi dan tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Hasil pengujian asumsi normalitas data diperoleh variabel persepsi sebesar 0 144 0 005 dan variabel tingkat partisipasi 0 159 0 005. Sedangkan untuk pengujian homogenitas varians menggunakan Levenetestvariabel persepsi diperoleh koefisien sebesar P 0 024 945 0 05 dan variabel tingkat partisipasi sebesar P 0 010 945 0 05. Penelitian ini memiliki implikasi sebagai berikut (1) Tingkat persepsi perlunya pengadaan media seperti buletin spanduk atau majalah sekolah yang berisi tentang keseluruhan kegiatan Pramuka sehingga siswa merasa senang kalau kegiatan yang mereka ikuti dipublikasikan (2) Tingkat partisipasi perlunya memberikan dorongan kepada siswa dengan cara pemberian hadiah bagi siswa yang berprestasi dan (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan tingkat partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka sebaiknyakepala sekolah memberi dorongan kepada guru kelas untuk turut serta berpartisipasi menjadi Pembina Pramuka selain itu adanya pemberian fasilitas oleh kepala sekolah yang akan digunakan oleh pembina untuk membuat dokumentasi atau untuk menunjang aktivitas Kepramukaan Saran yang diberikan peneliti yaitu kepada (1)Kwartir CabangPramuka sebagai pengawas dan penyelenggara kegiatan-kegiatan besar hendaknya mengadakan evaluasi program kegiatan dimana diikuti oleh seluruh Pembina dan Pelatih dari seluruh sekolah (2)KepalaSekolah sebagai penunjang program wajib ekstrakurikuler Pramuka sebaiknya memberikan dorongan kepada guru kelas agar mau berpartisipasi menjadi PembinaPramuka (3) Guru hendaknya mendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan membantu pembina Pramuka membuat program kerja membuat tata tertib bagi siswa serta membantu mengawasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka (4) PembinaPramuka juga bisa membuat buletin spanduk atau majalah sekolah yang berisi tentang proses kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan tujuan sebagai ajang promosi untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut dan (5) Peneliti Lain dengan melakukan penelitian lain misalnya hubungan keefektifan publikasi dan citra lembaga pendidikan dengan partisipasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |