Donatta, Angelia Francisca (2016) Manajemen ekstrakurikuler Teaching In Elementary School (TIES) di sekolah boarding academy (studi kasus di SMA Negeri 10 Malang) / Angelia Francisca Donatta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Donatta Angelia Fransisca. 2016. ManajemenEkstrakurikuler Teaching in Elementary School di Sekolah Boarding Academy (StudiKasus di SMA Negeri 10 Malang). Skripsi. Program AdministrasiPendidikanFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ali Imron M.Si M.Pd. (2) WildanZulkarnain S.Pd M.Pd. Kata kunci manajemenekstrakurikuler teaching boarding academy SekolahMenengahAtas (SMA) Selamamenempuhpembelajaran di sekolahpesertadidikmenerimakegiatankurikuler yang merupakankegiatanpokokpendidikan yang didalamnyaterjadi proses belajar-mengajarantarapesertadidikdan guru untukmendalamimateri yang berkaitandengantujuanpendidikandankemampuan yang hendakdiperolehpesertadidik. Selainitupesertadidikjugadibekalidengankegiatanekstrakurikuler yang merupakankegiatan yang dilakukan diluarkelasdandiluarpelajaranuntukmenumbuhkembangkanpotensidanbakat yang dimilikiolehpesertadidik. Kegiatanekstrakurikulerinidimaksuduntukmengembangkansalahsatubidangpelajaranyang diminatiolehpesertadidik misalnya olahraga kesenian kepramukaan danberbagaimacamkegiatanlainnya yang telahdisusunolehsekolah. Fokuspenelitianini yaitu (1) bagaimanamanajemenekstrakurikulerteaching in elementary school di SMA Negeri 10 Malang (2) faktorpendukungdanpenghambatkegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school di SMA Negeri 10 Malang dan(3) upayamengatasihambatankegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school di SMA Negeri 10 Malang. Penelitianinimerupakanpendekatandeskriptif-kualitatifdenganjenispenelitianstudikasus. Kehadiranpenelitisecaralangsung di lapangansebagaitolakukurkeberhasilanuntukmemahamikasus yang diteliti sehinggaketerlibatanpenelitisecaralangsungdanaktifdenganinformandanatausumber data lainnya di sinimutlakdiperlukan. Analisis data dilakukandenganmelakukan reduksi data data display serta menarik kesimpulan.Pengecekankeabsahan data padapenelitianinidilakukanmelaluiempatcara yaitu (1) derajatkepercayaan (credibility) (2) keteralihan (transferbility) (3) ketergantungan (depandebility) dan (4) kepastian (confirmability). Hasilpenelitianiniyaitu Pertamaadalahperencanaandiawalidenganperekrutananggotabaru keduapenyusunan program kerjaekstrakurikulerteaching in elementary school ketigayaitupihaksekolah SMA Negeri 10 Malang berkunjungketempat yang akanmenjaditujuandiadakannyaekstrakurikuler yang keempatadalahpenentuanjadwalkegiatan dan yang kelimayaituperencanaananggaran. Pengorganisasiankegiatannekstrakurikulerteaching in elementary school yang pertamaadalahmengenaitugasdanwewenangpembina keduaadalahpendataanjumlahanggota ketigaadalahpembinaanterhadap para anggota dan yang keempatadalahtugasdantanggungjawabsetiapanggotaekstrakurikuler.Pelaksanaankegiatanekstrakurikuler teaching in elementary school yang pertamaadalahkerjasamaantarpihaksekolahdan yang keduaadalahpelaksanaankegiatanekstrakurikulerrutin yang dilaksanakanoleh para anggotaekstrakurikulersetiaphariSabtu. KegiatanevaluasiterdapatduaaluryaituevaluasiawaldanevaluasiPengawasandalamhalinidilakukanolehpembinaekstrakurikuler minimal satubulansekali. Ada duapihak yang memberikandukungan yang pertamayaitudaripihaksekolah SMA Negeri 10 Malang dan yang keduadaripihaksekolahtempatdiadakannyakegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school. Faktorpenghambat program ekstrakurikulerteaching in elementray school yang pertamaadalahkurangnyakeaktifansiswadalammengikutikegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school dan yang keduaadalahadanyabeberapaanggota yang tidaknyamanditempatkan di lembaga yangtelahdipiliholehsekolah yang ketigaadanyakebijakandaripihak yang mengharuskananak-anakuntukmelakukanhaldiluarbataskemampuanmereka keempatadalahperaturan yang dibuatolehkoordinatorekstrakurikuler dan yang kelimapara murid yang tidakdapatdiatur. Upayamengatasihambatankegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school yang pertamadilakukanadalahmeningkatkankedisiplinan para anggotaekstrakurikuler teaching in elementary school yang keduamemberikanmotivasikepada para anggotaekstrakurikuler yang mengeluhkan yang ketigaadalahreschedule jadwal dan yang terakhiradalahmenurutiapakemauanmereka. Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadapihakyakni (1) kepalasekolah SMA Negeri 10 Malang darihasilpenelitianiniagar dapatdijadikansebagaibahanevaluasidalammenjalankankegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school sehinggadapatmeningkatkanpelayanan yang lebihkepadapesertadidik (2) koordinatorekstrakurikulerteaching in elementary school di SMA Negeri 10 Malang Dari hasilpenelitianinidiharapkankoordinatorekstrakurikulerteaching in elementary school dan para pembinaekstrakurikulerdapatlebihmeningkatkankunjungannyauntukdapatmengamatianakdidiknyadalammelaksanakankegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school di lapangan (3) anggotaekstrakurikulerteaching in elementary school di SMA Negeri 10 Malang agar diharapkanpara anggotaekstrakurikulerteaching in elementary school dapatmenaatiaturan yang ada di saatmenjalankankegiatanekstrakurikulerteaching in elementary school (4) jurusanadministrasipendidikansebaiknyahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaibahanreferensidalammengembangkanilmumanajemenpesertadidikkhususnya yang berkaitandenganlayananekstrakurikuler (5) peneliti lain agar hasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikaninspirasidanbahanreferensidalammengembangkanilmupengetahuandalammelakukanpenelitian yang sejenisdenganmanajemenekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3722 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |