Manajemen program kelas akselerasi (studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Turen) / Dwi Wahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program kelas akselerasi (studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Turen) / Dwi Wahyono

Wahyono, Dwi (2016) Manajemen program kelas akselerasi (studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Turen) / Dwi Wahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyono Dwi. 2014. Manajemen Program Kelas Akselerasi(Studi Kasus di SMP Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M. Pd (II) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd Kata Kunci manajemen program kelas akselerasi Manajemen merupakan suatu proses mulai dari perencanaan pengorganisasian penggerakan sampai dengan pengawasan. Manajemen memiliki peranan penting dalam keberhasilan suatu program. Program Kelas Akselerasi merupakan program percepatan yang ditujukan bagi peserta didik yang memiliki kecerdasan lebih untuk mengembangkan potensinya dan menempuh pembelajaran yang lebih pendek daripada pembelajaran pada umumnya. Manajemen yang baik pastinya berdampak dengan hasil yang baik pula. Proses manajemen pada program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen meliputi perencanaan pengorganisasian penggerakan serta pengawasan program. Fokus penelitian ini antara lain (1) Bagaimana perencanaan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen (2) Bagaimana pengorganisasian program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen (3) Bagaimana penggerakan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen dan (4) Bagaimana pengawasan program kelas akselerasi di SMP negeri 1 Turen. Penelitian ini menggunakan observasi partisipasi nihil yaitu observasi penuh tanpa partisipasi. Penelitian menggunakan observasi partisipan ini peneliti bertindak sebagai pengamat mengamati sasaran tanpa menimbulkan perhatian sasaran sehingga data yang diperoleh akan lebih lengkap tajam dan sampai mengetahui pada tingkat makna dari setiap perilaku yang tampak. Temuan dalam penelitian ini yaitu (1) Fungsi perencanaan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen adanya perencanaan program kelas akselerasi yang diselenggarakan oleh pihak sekolah untuk satu tahun ajaran dan prinsip dalam proses perencanaan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen (2) Fungsi pengorganisasian program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen adanya struktur organisasi pada setiap jenis kegiatan guru tidak melalui proses seleksi hanya didasarkan pada kecakapan dan adanya pendelegasian terhadap tugas dalam pelaksanaan program akselerasi guru pengajar diberikan S.K dan schedule dalam satu tahun ajaran (3) Fungsi penggerakan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen meliputi proses penggerakan program dalam satu tahun ajaran dengan mempertimbangkan beberapa aspek yaitu IQ minimal 130 dan nilai akademis mata pelajaran 8 00. Pelaksanaan kelas akselerasi dimulai pada tahun ajaran 2012/2013 dan (4) Fungsi pengawasan program kelas akselerasi di SMP Negeri 1 Turen dilakukan secara langsung dan tidak langsung yaitu langsung oleh pihak sekolah dan tidak langsung dari pihak luar yaitu PKLK. Pengawasan dilakukan setiap 1 bulan sekali serta evaluasi program secara keseluruhan dilaksanakan pada akhir Tahun Ajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) Kepala SMP Negeri 1 Turen yaitu hendaknya sistem pengelolaan terhadap program kelas akselerasi di sekolah hendaknya selalu diunggulkan dan ditingkatkan agar selalu bertahan dan berkualitas sehingga menjadi lebih baik dan sempurna dalam program kelas akselerasi selanjutnya untuk lebih memahami dan menggali potensi kemampuan siswa pada program kelas akselerasi mungkin lebih maksimal lagi jika guru pengajar melalui seleksi sesuai standar pengajar kelas akselerasi dengan begitu potensi yang sebenarnya dari siswa kelas akselerasi ini lebih bisa dimaksimalkan (2) Kepada Guru SMP Negeri 1 Turen senantiasa memberikan dukungan dan motivasi yang tinggi terhadap program kelas akselerasi yang diselenggarakan oleh sekolah agar siswa lebih berprestasi tidak hanya di bidang akademik tetapi di bidang non akademik juga. (3) Kepada Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini hendaknya menjadi tambahan referensi atau bahan kajian pengembangan ilmu manajemen pendidikan dan lebih meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami manajemen program kelas akselerasi. (4) Kepada Peneliti lain diiharapkan dapat memberikan wawasan dan informasi mengenai penelitian yang sejenis sehingga lebih memaksimalkan hasil yang diperoleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3720

Actions (login required)

View Item View Item