Purmadi, Ary (2012) Hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Malang / Ary Purmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci intensitas belajar prestasi belajar pelajaran fisika Prestasi belajar merupakan hasil kemampuan belajar atau penguasaan pengetahuan siswa yang dapat diukur dengan evaluasi belajar terhadap mata pelajaran yang telah diberikan guru selama proses belajar mengajar berlangsung. Prestasi belajar memegang peranan penting guna menilai keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga siswa yang prestasi belajarnya tinggi dapat tergolong sebagai siswa yang memiliki kualitas belajar yang baik. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang menentukan prestasi belajar adalah intensitas belajar. Intensitas belajar merupakan tingkat keseringan atau usaha-usaha yang dilakukan siswa untuk meningkatkan kualitas belajar dalam menguasai /memahami materi pelajaran. Fisika merupakan pelajaran berhubungan dengan teori praktek dan memuat rumus-rumus dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Materi pelajaran fisika pada dasarnya membutuhkan banyak pemahaman konsep tentang materi latihan-latihan dalam menjawab soal dan kemampuan siswa dalam mencari sumber belajar yang ada baik dari buku maupun internet sehingga dibutuhkan waktu yang rutin atau intensif dalam belajar. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan intensitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi data dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Malang kelas X XI IPA XII IPA yang diwakili sampel sebesar 57 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan September sampai Nopember 2012. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa intensitas belajar mempunyai hubungan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang memberikan sumbangan/kontribusi sebesar 32 5% dan sisanya sebesar 67 5% ditentukan oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Implikasi dari hasil analisis di atas adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Siswa SMA Negeri 6 Malang memiliki prestasi belajar yang tergolong baik dan intensitas belajar siswa juga sedang. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar intensitas belajar siswa perlu lebih ditingkatkan guna lebih meningkatkan juga prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |