Perbedaan keefektifan penggunaan komputer oleh guru untuk penyelesaian pekerjaan akademik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan di SD Islam An-Nashr Tulungagung / Febrianggara Zul Farhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan keefektifan penggunaan komputer oleh guru untuk penyelesaian pekerjaan akademik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan di SD Islam An-Nashr Tulungagung / Febrianggara Zul Farhani

Farhani, Febrianggara Zul (2016) Perbedaan keefektifan penggunaan komputer oleh guru untuk penyelesaian pekerjaan akademik di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dan di SD Islam An-Nashr Tulungagung / Febrianggara Zul Farhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farhani F. Z. 2015. PerbedaanKeefektifanPenggunaanKomputeroleh Guru untukPenyelesaianPekerjaanAkademik di SD LaboratoriumUniversitasNegeri Malang dan SD Islam An-NashrTulungagung. Skripsi.JurusanAdministrasiPendidikan FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Sunarni S.Pd. M.Pd. (II)TeguhTriwiyanto S.Pd. M.Pd. Kata kunci keefektifan komputer pekerjaanakademik Teknologimemilikibanyakmanfaatbagimanusia.PemanfaatanteknologidalambidangpendidikandikenaldenganistilahTeknologiInformasiPendidikanyaituilmupengetahuandalambidanginformasiberbasiskomputer yang digunakandalampeningkatankualitaspendidikan.Dalambidangpendidikan pemanfaatanteknologiinformasidifokuskanpadapeningkatankualitaspembelajaransehinggadapatmeningkatkankualitaspendidikan.Pemanfaatankomputertidakhanyapada proses pembelajaran tetapipadaoperasional guru dalammenunjangkinerjanyasehinggakualitaspendidikandapatmeningkat. Tujuandaripenelitianiniyaitu (1) untukmengetahui program yang mendominasipenggunaankomputeroleh guru dalamkegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM dan SD Islam An-NashrTulungagung (2) untukmengukurtingkatkeefektifanpenggunaankomputeroleh guru dalamkegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM dan SD Islam An-NashrTulungagung (3) untukmengukurtingkatkeefektifanpenggunaankomputeroleh guru dalamperencanaan program kegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM dan SD Islam An-NashrTulungagung (4) untukmengukurtingkatkeefektifanpenggunaankomputeroleh guru dalampelaksanaankegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM dan SD Islam An-NashrTulungagung (5) untukmengukurtingkatkeefektifanpenggunaankomputeroleh guru dalampengolahan data evaluasi di SD Laboratorium UM dan SD Islam An-NashrTulungagung (6) untukmengetahuiperbedaankeefektifanpenggunaankomputerantara SD Laboratorium UM dan SD Islam An-NashrTulungagung. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif denganmetodepenelitiandeskriptifterdiridarisatuvariabelyaituperbedaankeefektifanpenggunaankomputeroleh guru untukpenyelesaianpekerjaanakademikkeguruan di SD Laboratorium UM dan di SD Islam An-NashrTulungagung.Populasidalampenelitianiniadalahkeseluruhan guru sertawalikelas SD LaboratoriumUniversitasNegeri Malang dan SD Islam An-NashrTulungagung yang berjumlah 56 orang denganteknik sampling jenuhsehinggajumlahsampelyang digunakansebanyak 56 orang. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanangket dianalisisdenganteknikpersentasedanuji T. Penilaianinstrumenmenggunakanskalalikert yang menyediakanempatalternatifjawabanyaituselalu sering kadang-kadang dantidakpernah. Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwa (1) program yang mendominasipenggunaankomputerdalamkegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM adalahMicrosoft Worddenganpersentasesebesar 18 181%. Program yang mendominasipenggunaankomputerdalamkegiatanpembelajaran di SD Islam An-NashrTulungagungadalahMicrosoft Worddenganpersentasesebesar 16 000% dan program yang mendominasipenggunaankomputer di kedua SD tersebutadalahMicrosoft Worddenganpersentase 17 665% (2) penggunaankomputerdalamkegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM mencapai 68 182% angkatersebuttermasukkriteriasangatefektif. Sedangkan di SD Islam An-NashrTulungagungmencapai 25% angkatersebuttermasukdalamkriteriasangatefektif.Penggunaaankomputeroleh guru dalamperencanaan program kegiatanpembelajaran di kedua SD tersebutmencapai 58 929% dantermasukpadakriteriasangatefektif (3) penggunaankomputeroleh guru dalamperencanaan program kegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM mencapai 90% angkatersebuttermasukkriteriasangatefektif. Sedangkan di SD Islam An-NashrTulungagungmencapai 83% angkatersebuttermasukdalamkriteriasangatefektif.Penggunaaankomputeroleh guru dalamperencanaan program kegiatanpembelajaran di kedua SD tersebutmencapai 89% dantermasukpadakriteriasangatefektif (4) penggunaankomputeroleh guru dalampelaksanaankegiatanpembelajaran di SD Laboratorium UM mencapai 54% angkatersebuttergolongtinggidantermasukkriteriasangatefektif. Sedangkan di SD Islam An-NashrTulungagungmencapai 83% angkatersebuttermasukdalamkriteriaefektif.Penggunaankomputeroleh guru dalampelaksanaankegiatanpembelajaran di kedua SD tersebutmencapai 46% dantergolongpadakriteriaefektif (5) penggunaankomputeroleh guru dalampengolahanevaluasi di SD Laboratorium UM mencapai 36% angkatersebuttermasukdalamkriteriasangatefektif.Sedangkan di SD Islam An-NashrTulungagungmencapai 41% angkatersebuttermasukkriteriaefektif.Penggunaankomputeroleh guru dalampengolahanevaluasi di kedua SD tersebutsebesar 35% dantermasukdalamkriteriaefektif (6) H1 diterimadan H0 ditolakkarenanilaiprobabilitasataunilaisignifikansisebesar 0 023 0 05sehinggaadaperbedaankeefektifanpenggunaankomputerantara SD Laboratorium UM danSD Islam An-NashrTulungagung. Berdasarkankesimpulanpenelitian disarankankepada (1) KepalaSekolahuntukmengadakanpelatihanpada program yang pentinguntukdigunakan di sekolahnamunterutamapada program Microsoft Excel Microsoft PowerPoint Ensiklopedia danmenambahkoleksi program yang bermanfaatuntukpembelajaran di sekolah (2) Guru harusmeningkatkanpengoperasiandanpenerapanpenggunaan program komputerterutamapada program yang pentingnamunjarangdipakaioleh guru seperti program ensiklopedia yang dapatmenunjangpembelajaran agar berjalanlebihbaik (3) DiharapkanjurusandapatmemberikanlebihbanyakmateriberkaitandenganpenggunaankomputerataumengadakanpelatihanuntukmeningkatkankemampuanmahasiswajurusanAdministrasiPendidikandalampenggunaankomputer (4) Penelitianinidiharapkandapatmenjadibahanreferensidanrujukanbagipeneliti lain denganmenambahcakupanobyeksampelmenjadilebihluas menelitikecenderunganpenggunaan program komputeroleh guru menurutjeniskelamin danmelakukanpenelitianinipadajenjangpendidikan yang lain selainpadasekolahdasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item