Hubungan pengelolaan perpustakaan dan minat baca siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas se-Kabupaten Nganjuk / Thoriq Ardyawan

Ardyawan, Thoriq (2016) Hubungan pengelolaan perpustakaan dan minat baca siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas se-Kabupaten Nganjuk / Thoriq Ardyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardyawan, Thoriq. 2015. Hubungan Pengelolaan Perpustakaan dan Minat Baca Siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas se-Kabupaten Nganjuk. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M. Huda AY. M.Pd (II) Ahmad Nurabadi, S.Pd., M.Pd Kata kunci: pengelolaan perpustakaan, minat baca siswa. Manusiamemerlukan informasi dari berbagai sumber agar tidak tertinggal oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.Peranperpustakaandewasainisangatmembantudalampemenuhaninformasi di lingkungansekolah.Pengelolaanperpustakaanmenjaditolokukursejauhmanakeberhasilanperpustakaandalammenambahminatbacasiswa.Seseorangdenganminatbaca yang tinggisecaralangsungmemilikipengetahuan yang lebihbanyakdibandingkandengan orang yang tidakmembaca.Pengelolaanperpustakaan yang baikdiharapkandapatmembantusiswadalammeningkatkanminatbacasiswa. HipotesisdalampenelitianiniadalahÔÇ£ada hubungan signifikan antara pengelolaan perpustakaan (X) dan minat baca siswa (Y)ÔÇØ.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk:(1) mendeskripsikan tinggi tingkat pengelolaan perpustakaan di SLTA se-Kabupaten Nganjuk; (2) mendeskripsikan tinggi tingkat minat baca siswa di SLTA se-Kabupaten Nganjuk; (3) mendeskripsikan hubungan pengelolaan perpustakaan dan minat baca siswa di SLTA se-Kabupaten Nganjuk. Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.Penelitianinidilakukan di SLTA se-KabupatenNganjukdenganpopulasi total sekolahberjumlah87 sekolah.Berdasarkanjumlahtersebut, penelitianinimenggunakanproporsi 10% sekolahdalampengambilansampelsehinggadiperoleh 9 sekolah.TeknikpengambilansampeldalampenelitianiniadalahmenggunakanRandom Sampling. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakankuesioner.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptifdankorelasional. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) pengelolaan perpustakaan di SLTA se-KabupatenNganjukdalamkategoritinggi; (2) minatbacasiswa di SLTA se-KabupatenNganjukdalamkategorisedang; (3) Ada hubungan signifikan antara pengelolaan perpustakaan (X) dan minat baca siswa (Y)ÔÇØ. Saran-saran yang dikemukakansehubungandenganhasilpenelitian yang telahdilakukanadalah (1)Kepala Sekolah, selalumengevaluasi setiaphasilpekerjaanpengelolaan perpustakaan.Dikarenakanpadahasilanalisispenelitianiniterdapathubungansignifikanantarapengelolaanperpustakaandanminatbacasiswa.Agar keefektifan pengelolaan perpustakaandanminatbacasiswadapatmeningkat; (2)Pustakawan,sebaiknyameningkatkanpengadaanbuku, danmelakukanpenataan yang baikdanindah. Agar suasana di perpustakaansemakinmenyenangkandanmenarikminatsiswadalammengunjungiperpustakaan; (3) Guru, agar selalu memotivasi diri dan siswanyauntukmengunjungi perpustakaandanmeningkatkanminatbacanya.ÔÇØ; (4) Siswa, sebagaimotivasiuntukselalumengunjungiperpustakaandanmeningkatkanminatbacanya.; (5) Mahasiswajurusan yang terkaitdenganpenelitian. Penelitiberharap, agar hasilpenelitianpadaskripsiinidapatdigunakansebaik-baiknya, sebagaibahantambahankajianpustakadanmenambahwawasankhususnyatentangpengelolaanperpustakaan,danminatbacasiswa; (6) Penelitilain, bahwasanyahasilpenelitianinimenelitiduavariabel.Untukpenelitianselanjutnyadiharapkanmenggunakanvariabeldanmetodelain, sehinggahasilpenelitiantidakterbataspadajenissekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3718

Actions (login required)

View Item View Item