Ardyawan, Thoriq (2016) Hubungan pengelolaan perpustakaan dan minat baca siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas se-Kabupaten Nganjuk / Thoriq Ardyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardyawan Thoriq. 2015. Hubungan Pengelolaan Perpustakaan dan Minat Baca Siswa di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas se-Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. M. Huda AY. M.Pd (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd Kata kunci pengelolaan perpustakaan minat baca siswa. Manusiamemerlukan informasi dari berbagai sumber agar tidak tertinggal oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.Peranperpustakaandewasainisangatmembantudalampemenuhaninformasi di lingkungansekolah.Pengelolaanperpustakaanmenjaditolokukursejauhmanakeberhasilanperpustakaandalammenambahminatbacasiswa.Seseorangdenganminatbaca yang tinggisecaralangsungmemilikipengetahuan yang lebihbanyakdibandingkandengan orang yang tidakmembaca.Pengelolaanperpustakaan yang baikdiharapkandapatmembantusiswadalammeningkatkanminatbacasiswa. Hipotesisdalampenelitianiniadalah ada hubungan signifikan antara pengelolaan perpustakaan (X) dan minat baca siswa (Y) .Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) mendeskripsikan tinggi tingkat pengelolaan perpustakaan di SLTA se-Kabupaten Nganjuk (2) mendeskripsikan tinggi tingkat minat baca siswa di SLTA se-Kabupaten Nganjuk (3) mendeskripsikan hubungan pengelolaan perpustakaan dan minat baca siswa di SLTA se-Kabupaten Nganjuk. Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.Penelitianinidilakukan di SLTA se-KabupatenNganjukdenganpopulasi total sekolahberjumlah87 sekolah.Berdasarkanjumlahtersebut penelitianinimenggunakanproporsi 10% sekolahdalampengambilansampelsehinggadiperoleh 9 sekolah.TeknikpengambilansampeldalampenelitianiniadalahmenggunakanRandom Sampling. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakankuesioner.Teknikanalisis data yang digunakandalampenelitianiniadalahanalisisdeskriptifdankorelasional. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) pengelolaan perpustakaan di SLTA se-KabupatenNganjukdalamkategoritinggi (2) minatbacasiswa di SLTA se-KabupatenNganjukdalamkategorisedang (3) Ada hubungan signifikan antara pengelolaan perpustakaan (X) dan minat baca siswa (Y) . Saran-saran yang dikemukakansehubungandenganhasilpenelitian yang telahdilakukanadalah (1)Kepala Sekolah selalumengevaluasi setiaphasilpekerjaanpengelolaan perpustakaan.Dikarenakanpadahasilanalisispenelitianiniterdapathubungansignifikanantarapengelolaanperpustakaandanminatbacasiswa.Agar keefektifan pengelolaan perpustakaandanminatbacasiswadapatmeningkat (2)Pustakawan sebaiknyameningkatkanpengadaanbuku danmelakukanpenataan yang baikdanindah. Agar suasana di perpustakaansemakinmenyenangkandanmenarikminatsiswadalammengunjungiperpustakaan (3) Guru agar selalu memotivasi diri dan siswanyauntukmengunjungi perpustakaandanmeningkatkanminatbacanya. (4) Siswa sebagaimotivasiuntukselalumengunjungiperpustakaandanmeningkatkanminatbacanya. (5) Mahasiswajurusan yang terkaitdenganpenelitian. Penelitiberharap agar hasilpenelitianpadaskripsiinidapatdigunakansebaik-baiknya sebagaibahantambahankajianpustakadanmenambahwawasankhususnyatentangpengelolaanperpustakaan danminatbacasiswa (6) Penelitilain bahwasanyahasilpenelitianinimenelitiduavariabel.Untukpenelitianselanjutnyadiharapkanmenggunakanvariabeldanmetodelain sehinggahasilpenelitiantidakterbataspadajenissekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Feb 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |