Hubungan latar belakang pendidikan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru SMA Negeri di Kabupaten Jombang / Choiril Irwan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan latar belakang pendidikan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru SMA Negeri di Kabupaten Jombang / Choiril Irwan

Irwan, Choiril (2016) Hubungan latar belakang pendidikan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru SMA Negeri di Kabupaten Jombang / Choiril Irwan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irwan Choiril. 2015. Hubungan Latar Belakang Pendidikan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan Produktivitas Guru SMA Negeri di Kabupaten Jombang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M. Pd (II) Wildan Zulkarnain S. Pd M.Pd Kata Kunci latar belakang pendidikan pengembangan keprofesian berkelanjutan produktivitas guru Pendidikan merupakan syarat utama yang harus ditempuh seseorang untuk dapat memasuki pasar kerja. Pengembangan keprofesionalan berkelanjutan (PKB) adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan jalan utama dalam upaya membawa perubahan yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Pendidikan yang diperoleh baik dari sekolah maupun dari luar sekolah akan memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan sehingga akan memudahkan penempatan seorang karyawan sesuai dengan kecakapannya. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai latar belakang pendidikan upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup latar belakang pendidikan pengembangan keprofesian berkelanjutan produktivitas guru mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan terhadap produktivitas guru. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) seberapa tinggi tingkat latar belakang pendidikan guru SMAN di Kabupaten Jombang (2) seberapa tinggi tingkat pengembangan keprofesian berkelajutan guru SMAN di Kabupaten Jombang (3) seberapa tinggi tingkat produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang (4) apakah ada hubungan langsung antara latar belakang pendidikan dengan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang (5) apakah ada hubungan langsung antara pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang (6) apakah ada hubungan tidak langsung antara latar belakang pendidikan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif korelasional. Populasinya adalah 12 SMAN di Kabupaten Jombang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Area Sampling dan proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 211 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup yang disusun dalam butir-butir pernyataan berjumlah 47 butir. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif data dengan menggunakan program SPSS 16 0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) secara keseluruhan tingkat latar belakang pendidikan guru SMAN di Kabupaten Jombang termasuk dalam kriteria tinggi (2) pengembangan keprofesian berkelanjutan guru SMAN di Kabupaten Jombang dalam kriteria tinggi (3) secara keseluruhan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang dalam kriteria tinggi (4) tidak ada hubungan yang berpengaruh signifikan secara positif antara latar belakang pendidikan dan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang (5) ada hubungan yang berpengaruh signifkan secara positif antara pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang (6) secara simultan latar belakang pendidikan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan tidak berpengaruh terhadap produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang. Berdasarkan hasil analisis didapat pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan sigifikansi 0 018. Jika nilai sig 0 018 0 05 artinya secara parsial pengembangan keprofesian berkelanjutan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas guru SMAN di Kabupaten Jombang. Saran dalam penelitian ini yaitu (1) bagi Guru SMAN di Kabupaten Jombang dapat mengetahui tingkat latar belakang pendidikan pengembangan keprofesian berkelanjutan dan produktivitas mereka tinggi. Meskipun dari hasil penelitian guru SMAN di Kabupaten Jombang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi akan tetapi masih ada guru yang latar belakang pendidikannya tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Hal ini menjadikan guru kurang menguasai dengan apa yang diajarkan kepada murid (2) bagi Kepala SMAN di Kabupaten Jombang kepala sekolah dalam suatu lembaga pendidikan diharapkan dapat melaksanakan program-program yang berhubungan dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan secara berkesinambungan di sekolah baik dengan teknik individual maupun teknik kelompok karena hal ini memiliki hubungan yang signifikan dengan produktivitas guru agar tingkat pengembangan keprofesian berkelanjutan tetap berkembang (3) bagi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang hendaknya selalu memberikan motivasi yang positif pada guru SMAN di Kabupaten Jombang dengan memberi penghargaan kepada guru yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi agar selalu mempertahankan potensi yang dimiliki dalam melaksanakan suatu pekerjaan agar produktivitas yang dihasilkan terus meningkat (4) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi jurusan tentang hubungan latar belakang pendidikan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan produktivitas guru yang dapat dijadikan referensi untuk penelitian yang sama dan untuk menambah kepustakaan jurusan dan juga diharapkan ikut menyumbang pikiran dalam pelaksanaan peningkatan produktivitas guru berkelanjutan kepada Universitas Negeri Malang sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) (5) bagi peneliti lain peneliti lain yang berminat dan tertarik oleh hasil penelitian ini maka diharapkan dapat mengkaji lebih lengkap mampu menyempurnakan penelitian ini dan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambah variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3717

Actions (login required)

View Item View Item