Yulitasari, Effa (2016) Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sekolah berbasis pesantren (studi kasus di SMP Ar-Rohmah Putri Malang) / Effa Yulitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yulitasari Effa. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMP Ar-Rohmah Putri Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Hendyat Soetopo M.Pd. Kata Kunci manajemen hubungan sekolah masyarakat dan pesantren Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan dalam membentuk generasi muda Indonesia untuk menjadi dewasa yang berilmu berakhlak dan berkarakter. Sekolah Berbasis Pesantren merupakan model pendidikan unggulan yang mengintegrasikan pelaksanaan sistem persekolahan yang menitikberatkan pada pengembangan kemampuan sains dan keterampilan dengan pelaksanaan sistem pesantren yang menitikberatkan pada pengembangan sikap dan praktik keagamaan peningkatan moral dan kemandirian dalam hidup. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat (humas) merupakan salah satu substansi dari manajemen pendidikan. Manajemen humas merupakan suatu kegiatan mulai dari perencanaan pelaksanaan sampai pada evaluasi berupa komunikasi dan kerjasama antara sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan dukungan dan partisipasi masyarakat sehingga kualitas sekolah menjadi lebih baik. Oleh karena itu kajian mendalam tentang manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sekolah berbasis pesantren sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sekolah berbasis pesantren yang dilakukan di SMP Ar-Rohmah Putri Malang meliputi 1) Program kerja humas di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. 2) Teknik humas di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. 3) Peran pengelola dalam menyusun melaksanakan dan mengevaluasi humas di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. 4) Kendala dan solusi yang dihadapi pengelola humas di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode penelitian untuk membuktikan kajian yang mendalam mengenai kejadian istimewa dan dapat memaparkan secara lugas mengenai manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan subyek penelitian kepala humas kepala SMP staf humas bagian bimbingan dan konseling serta guru. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi yang disampaikan oleh subyek penelitian pada saat wawancara dan dokumen yang berkaitan dengan humas serta observasi yang dilakukan peneliti. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dianalisis dengan penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data kemudian penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas dengan metode triangulasi transferabilitas dependabilitas kemudian konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Program kerja humas di SMP Ar-Rohmah Putri Malang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan rapat koordinasi dengan tim humas rapat koordinasi dengan keasramaan workshop sistem dan mekanisme publikasi yang efektif pelatihan dan workshop prosedur penerimaan dan pelayanan tamu atau kunjungan kerja seminar pendidikan berbasis tauhid pameran pendidikan pertemuan orang tua penjajakan sister school roadshow dalam rangka talkshow pendidikan berbasis tauhid penerimaan peserta didik baru publikasi dan komunikasi melalui media elektronik cetak dan lisan. 2) Teknik humas yang digunakan di SMP Ar-Rohmah Putri Malang yaitu teknik rapat teknik workshop teknik seminar teknik roadshow pameran pendidikan teknik dokumentasi pencetakan kalender brosur leaflet banerisasi dan pertemuan orang tua sedangkan media yang digunakan yaitu media internet media sosial dan media lisan. 3) Pengelola humas terdiri dari 5 (lima orang) yang mempunyai peran masing-masing yaitu a) kepala humas b) bagian IT c) bagian administrasi bagian marketing dan e) bagian penerima tamu. 4) Kendala yang terjadi di humas yaitu kendala yang dihadapi pengelola humas kendala dari dalam lembaga dan kendala dari luar lembaga. Kendala yang dihadapi pengelola humas terutama kepala humas yaitu keistiqomahan untuk mengontrol anggota humas solusinya diberi pembinaan dan pendampingan. Kendala dari dalam lembaga yaitu terjadi miss komunikasi antar unit dalam lembaga solusinya menjaga komunikasi dan kepercayaan. Kendala dari luar lembaga yaitu update informasi yang cepat masih terkendala kurang update nomor wali murid serta isu-isu negatif tentang lembaga atau tentang humas solusinya diberi pengertian dan penjelasan serta memanfaatkan media komunikasi yang dimiliki humas. Berdasarkan hasil temuan penelitian agar manajemen humas di sekolah berbasis pesantren dapat berjalan dengan baik dan lancar disarankan kepada 1) Bagian humas Ar-Rohmah Putri Malang hendaknya meningkatkan pembinaan kepada anggota dan meningkatkan kerjasama dengan dunia usaha dan industri. 2) Kepala SMP Ar-Rohmah Putri Malang hendaknya lebih membangun dan meluaskan jaringan sekolah di seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri. 3) Bagi peneliti lain agar melihat dan memperhatikan manajemen humas di sekolah atau lembaga pendidikan yang berbasis pesantren terutama yang berkaitan dengan program kerja teknik humas peran pengelola serta kendala dan solusi yang dihadapi humas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3715 |
Actions (login required)
View Item |