Persepsi guru terhadap budaya sekolah dalam hubungannya dengen kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota malang / Reni Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap budaya sekolah dalam hubungannya dengen kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota malang / Reni Wahyuni

Wahyuni, Reni (2016) Persepsi guru terhadap budaya sekolah dalam hubungannya dengen kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota malang / Reni Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Reni. 2015. Persepsi Guru Terhadap Budaya Sekolah Dalam Hubungannya Dengan Kinerja di SMP Negeri Se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata Kunci Budaya Sekolah dan Kinerja Guru. Pendidikan merupakan upaya untuk memajukan dan mengembangkan potensi diri serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam suatu bangsa. Keunggulan pada suatu sekolah adalah memiliki budaya sekolah (school culture) yang kokoh dan berpengaruh terhadap kinerja guru dan kualitas mutu sekolah. Perpaduan semua unsur baik siswa guru dan orang tua yang bekerjasama dalam menciptakan komunitas yang lebih baik melalui pendidikan yang berkualitas serta bertanggung jawab dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah menjadikan sebuah sekolah unggul dan favorit di masyarakat. Budaya sekolah yang baik akan secara efektif menghasilkan kinerja yang terbaik pada setiap individu kelompok kerja/ unit dan sekolah sebagai satu institusi dan hubungan sinergis antara tiga tingkatan tersebut. Budaya sekolah diharapkan memperbaiki mutu sekolah kinerja di sekolah dan mutu kehidupan yang diharapkan memiliki ciri sehat dinamis atau aktif positif dan profesional. Kinerja Guru merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditettapkan. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru Menurut Supardi (2013 50) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja atau kinerja seseorang antara lain adalah lingkungan perilaku manajemen desain jabatan penilaian kinerja umpan balik dan administrasi pengupahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat budaya sekolah mendeskripsikan tingkat kinerja guru dan mengetahui hubungan persepsi guru terhadap budaya sekolah dalam hubungannya dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Instrumen yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan populasi 242 guru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling sehingga sampel yang didapat sebanyak 144 guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu sebagai berikut persiapan pelaksanaan pengolahan data dan pelaporan. Analisis data menggunakam teknik analisis deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap budaya sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang memiliki kualifikasi tinggi tingkat kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang memiliki kualifikasi tinggi ada hubungan antara persepsi guru terhadap budaya sekolah dalam hubungannya dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Saran penelitian ini Bagi Kepala SMP Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang penelitian ini diharapkan dapat digunakan kepala sekolah untuk menilai kinerja guru dengan adanya pengaruh dari budaya sekolah Bagi Guru SMP Negeri se-Kecamatan Lowokwaru Kota Malang penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dengan adanya penelitian terhadap budaya sekolah Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai ilmu pengetahuan yang selanjutnya dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut Bagi Peneliti Lain yang berminat dan tertarik oleh hasil penelitian ini maka diharapkan dapat mengkaji lebih lengkap mampu menyempurnakan penelitian ini dan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3713

Actions (login required)

View Item View Item