Dilema etis staf auditor: independensi, profesionalisme, dan kualitas audit (studi kasus pada Kantor Akuntan Publik X Malang) / Ika Kustikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Dilema etis staf auditor: independensi, profesionalisme, dan kualitas audit (studi kasus pada Kantor Akuntan Publik X Malang) / Ika Kustikasari

Kustikasari, Ika (2016) Dilema etis staf auditor: independensi, profesionalisme, dan kualitas audit (studi kasus pada Kantor Akuntan Publik X Malang) / Ika Kustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kustikasari Ika. 2016. DilemaEtisStaf Auditor Independensi Profesionalisme danKualitas Audit. Skripsi JurusanAkuntansi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Pujiningsih S.E M.Si Ak (II) Dr. Suparti M.P. Kata Kunci DilemaEtis Independensi ProfesionalismedanKualitas Audit Kualitaslaporanhasil audit danopini audit yang telahdikeluarkanolehsuatu KAP merupakanjaminandarikepercayaanpublik. Laporanhasil audit dapatdinalaiberkualitasapabilaseluruhprosedur audit dijalankandenganbaikolehstaf auditor. Tetapiadanyadilemaetismenimbulkanperilakutawarmenawaropiniantarastaf auditor danklien halinimenyebabkanburuknyakualitaslaporanhasil audit yang dikeluarkanolehsuatu KAP.Penelitianinibertujuanuntukmemahamiperilakustafauditor yangdihadapkanpadadilemaetisatasindependensi profesionalismedankualitas audit. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganmetodestudikasusdenganinformanseluruhstaf auditor baik junior maupun senior yang ada di KAP X Malang.Teknikanalisis data dilakukandenganreduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan.Sedangkanpengecekankeabsahanpenelitiandilakukandengantekniktrianggulasisumberdantekniktrianggulasimetode. Berdasarkanpaparan data danpembahasan diperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertama dilemaetis yang dihadapiolehstaf auditor di KAP X Malang telahberdampakpadaburuknyaindependensistaf auditor yang terlihatdariindikatorlamanyahubungandengankliendantekanandariklien.Namundariindikatorpeer review danjasa non audit tidakditemukanadanyapenyimpangan. Hal inidikarenakandilemaetislebihmudahdialamistaf auditor ketikamenjalankantugasutamanyayaitu audit daripadamenjalankanjasa non audit. Kedua dilemaetis yang terjadi di KAP X Malang telahmempengaruhiprofesionalismenyatanpamelihatlatarbelakangpendidikandanupdateperaturanbaru yang dilakukan.Buruknyaprofesionalismestaf auditor di KAP X Malang ditunjukkandariketidaktegasanstaf auditor untukmenolakajakanklien yang dapatmempengaruhi proses audit. Selainitukeinginanuntukberkarirdibidanglainjugamempengaruhiprofesionalismestaf auditor di KAP X Malang. Ketiga dilemaetis yang dialamiolehstaf auditor telahberdampakpadakualitashasil audit. Hal initerlihatdariadanyatawarmenawar di opini audit yang mencerminkanbahwalaporan audit yang dikeluarkanoleh KAP X Malang kurangberkualitas. Secaralogika jikaindependensidanprofesionalisme yang dimilikistaf auditor terganggumakalaporanhasil audit yang dikeluarkanmenjaditidakberkualitas. Disarankanuntukpenelitianselanjutnyahendaknyamelibatkan partner sebagaiinforman sertapenelitiandilakukanpadasaat volume kegiatan di KAP rendah agar data yang didapatmaksimaldanetikaprofesi yang ditelititidakterbataspadaindependensidanprofessionalisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37125

Actions (login required)

View Item View Item