Hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan Dinas Pendidikan Kota Malang / Akmalia Faradhila 'Adani

'Adani, Akmalia Faradhila (2015) Hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan Dinas Pendidikan Kota Malang / Akmalia Faradhila 'Adani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ÔÇÿAdani, Akmalia Faradhila. 2015. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Dinas Pendidikan Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Ahmad Supriyanto, M.Pd, M.Si (II) Wildan Zulkarnain, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Kualitas pelayanan di masa mendatang akan menjadi hal yang amat penting, karena kualitas pelayanan merupakan salah satu yang dapat menentukan kelangsungan hidup atau eksistensi suatu lembaga. Pelanggan yang dalam hal ini merupakan pihak yang mendapatkan pelayanan tentu berharap mendapatkan pelayanan berkualitas tinggi dari pihak yang melayani mereka. Oleh karena itu,pelayanan yang berkualitas akan menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh setiap lembaga agar mampu memuaskan pelanggannya.Subbagian Umum Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai unit kerja yang memberikan pelayanan kepada masyarakat (pelanggan), baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang kepada pelanggannya, (2) tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang, (3) ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan Dinas Pendidikan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yangjenis penelitiannya berupa deskriptif korelasional, yaitu model korelasi dwivariat (X→Y). Variabel bebas (X) adalah kualitas pelayanan dan variabel terikat (Y) adalah kepuasan pelanggan. Sampel/responden penelitian ini berasal dari pelanggan Subbagian Umum Dinas Pendidikan Kota Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknikinsidental sampling, dengan jumlah responden penelitian sebanyak 100 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dengan menentukan kualifikasi dan menentukan persentase, serta menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian, yaitu: 1)Tingkat kualitas pelayanan berada dalam kategori sedang, 2)Tingkat kepuasan pelanggan berada dalam kategori tinggi, 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kepala Dinas Pendidikan kota Malang,sebagai leader/pemimpin utama, hendaknya dapat dapat mengawasi serta membimbing unit kerja yang berada di bawahnya, agar kualitas pelayanan Dinas Pendidikan Kota Malang tetap terjaga, sehingga citraDinas Pendidikan Kota Malang akan terjaga (dianggap baik) di mata pelanggan (masyarakat), 2) Kepala Subbagian UmumDinas Pendidikan Kota Malang, hendaknya dapat melaksanakan tugas maupun perintah dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang dengan baik serta mengawasi serta membimbing unit kerja atapun staf/pegawai yang berada di bawah kepemimpinannya/tanggungjawabnya, terutama terkait usaha mempertahankan serta mengembangkan pelayanan dengan memberikan variasi-variasi menggunakan kiat-kiat pelayanan prima berbasis kearifan lokal dan kultural, 3)Tenaga Administrasi Subbagian Umum Dinas Pendidikan Kota Malanghendaknya dapat melaksanakan tugas ataupun perintah dari unit kerja di atasnya. Tenaga Administrasi Subbagian Umum Dinas Pendidikan Kota Malanghendaknya mampu mengembangkan pelayanan dengan memberikan variasi-variasi dengan menggunakan kiat-kiat pelayanan prima berbasis kearifan lokal dan kultural, misalkan saja penerapan senyum, sapa, salam, dan terima kasih, selain itu, pemberian instruksi terkait lamanya proses pelayanan, ataupun prosedur terkait kepada pelanggan,4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan, hendaknya dapat mempergunakan hasil penelitian ini, sebagai referensi untuk mengembangkan kiat-kiat pelayanan prima berbasis kearifan lokal dan kultural, yang akan dapat dipergunakan apabila menjadi tenaga administrasi pada suatu lembaga nantinya. Selain itu Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan juga dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk pembuatan karya tulis, khususnya dalam bidang kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan, 5)Widyaiswara, penelitian ini hendaknya dapat memberikan sumbangan pemikiran atau referensi dalam memberikan materi dalam pelatihan, seminar, workshop, dan lain-lain kepada pegawai lembaga pemerintahan khususnya terkait kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan,6)Peneliti Lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti lokasi penelitian lainnya, bisa pada lembaga pemerintahan lainnya, pada lembaga pendidikan ataupun lembaga lainnya yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item View Item