Implementasi prinsip good governance dalam pengelolaan pajak restoran di Kota Malang / Danuta Chrisnada Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi prinsip good governance dalam pengelolaan pajak restoran di Kota Malang / Danuta Chrisnada Putri

Putri, Danuta Chrisnada (2016) Implementasi prinsip good governance dalam pengelolaan pajak restoran di Kota Malang / Danuta Chrisnada Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Danuta Chrisnada. 2016. Implementasi Prinsip Good Governance dalam Pengelolaan Pajak Restoran di Kota Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak (II) Dr. Eka Ananta Sidharta S.E. M.M. C.A Kata Kunci Transparancy Accountability Self Assessment System Transparancy dan accountability merupakan sebagian dari prinsip Good Governance. Transparansi itu merupakan informasi yang bebas diakses oleh siapa saja yang membutuhkan dan pemerintah berkewajiban untuk membeberkan informasi terutama yang berkaitan dengan segala sesuatu yang diputuskan untuk dan/atau telah dilakukan dan tidak dilakukan untuk urusan publik. Kendati demikian perlu diketengahkan bahwa pemerintah yang transparan tidak saja berarti adanya keterbukaan informasi dan akses masyarakat karena boleh jadi ada informasi yang asimetris tetapi penekanannya lebih pada makna tanggung jawab . Tanggung jawab itulah yang disebut dengan akuntabilitas.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam system pemungutan Pajak Daerah di Kota Malang. Dengan mengetahui apakah prinsip Transparancy dan Accountability yang termasuk dalam Good Governance peneliti dapat menyimpulkan bahwa sistem pemungutan pajak tersebut sudah diterapkan dengan baik di kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kebahasaan dalam bentuk audio dituangkan dalam bentuk kutipan-kutipan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama pemahaman transparancy pada pegawai DISPENDA kota Malang masihlah pemahaman Transparansi dalam arti luas . Sehingga pegawai DISPENDA kota Malang sesungguhnya belum mengetahui transparancy yang terkait dengan bidang pekerjaan mereka (job description). Kedua pemahaman accountabillity juga masih dalam pemahaman Akuntabilitas dalam arti luas . Pegawai DISPENDA bekerja tanpa adanya Standart Operating Procedure (SOP). Sehingga mereka meyakini pekerjaan apa yang mereka anggap benar. Mereka tidak bekerja sesuai dengan panduan yang tidak ada. Ketiga pemahaman Self Assessment System bagi pegawai DISPENDA kota Malang merupakan kegiatan perhitungan pelaporan dan pembayaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37109

Actions (login required)

View Item View Item