Hubungan antara motivasi belajar dan minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri dengan prestasi belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Trenggalek / Angga Tri Andika - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi belajar dan minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri dengan prestasi belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Trenggalek / Angga Tri Andika

Andika, Angga Tri (2015) Hubungan antara motivasi belajar dan minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri dengan prestasi belajar peserta didik pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Trenggalek / Angga Tri Andika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andika Angga Tri. 2015. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Minat Melanjutkan Kuliah Di Perguruan Tinggi Negeri dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Sekolah Menengah Atas Negeri I Trenggalek. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Huda. A.Y M.Pd (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata kunci motivasi minat peserta didik prestasi perguruan tinggi negeri. Pendidikan merupakan salah satu langkah manusia untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan sepanjang hidup dari manusia mulai dari manusia tersebut lahir hingga meninggal dunia. Manusia memilik berberapa fase perkembangan yang terus berubah seiring dengan pertambahan usianya setiap perkembangan yang dialami manusia terjadi pada fase-fase perkembangan yang memiliki hasil berupa perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat motivasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Trenggalek (2) mendeskripsikan tingkat minat peserta didik SMA Negeri 1 Trenggalek dalam melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri (3) mendeskripsikan tingkat prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Trenggalek (4) menemukan hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X dan kelas XI SMA Negeri 1 Trenggalek (5) menemukan hubungan minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X dan kelas XI SMA Negeri 1 Trenggalek (6) menemukan hubungan motivasi belajar dan minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri dengan prestasi belajar peserta didik kelas X dan kelas XI SMA Negeri 1 Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif dan korelasi dengan model korelasi ganda (multiple corelational multivariat). Penelitian ini mempunyai tiga variabel yaitu motivasi belajar (X1) dan minat melanjutkan kuliah di Perguruan tinggi negeri (X2) sebagai variabel dependent dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel independent. Objek penelitian ini yaitu SMA Negeri 1 Trenggalek dengan mengambil populasi sebesar 633 peserta didik kelas X dan kelas XI yang kemudian didapatkan jumlah sampel sebesar 182 peserta didik dengan menggunakan rumus formula Slovin. Hasil validitas pada variabel motivasi belajar (X1) yaitu 0 930 sedangkan variabel minat melanjutkan (X2) sebesar 0 931. Reliabilitas pada variabel motivasi belajar (X1) yaitu 0 932 sedangkan variabel minat melanjutkan (X2) sebesar 0 933. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan angket tertutup serta pengumpulan dokumen mengenai prestasi peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus analisis deskriptif dan menggunakan rumus korelasi pruduct moment Pearson serta korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat motivasi belajar peserta didik dalam kategori sedang (2) tingkat minat melanjutkan peserta didik di perguruan tinggi negeri dalam kategori tinggi (3) tingkat prestasi belajar peserta didik dalam kategori tinggi (4) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar (5) terdapat hubungan yang signifikan antara minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri dengan prestasi belajar dan (6) secara simultan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan minat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri dengan prestasi belajar. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) kepada kepala SMA Negeri 1 Trenggalek hendaknya mengarahkan semua para guru untuk selalu memberikan motivasi kepada peserta didik selain itu juga diharapakan adanya program atau kebijakan dari kepala sekolah yang mampu untuk memfasilitasi peserta didiknya untuk lebih mengenal jenjang pendidikan tinggi maupun lembaga-lembaga pendidikan tinggi (2) kepada guru-guru di SMA Negeri 1 Trenggalek dirasa perlu lebih memberikan motivasi pada setiap kali pembelajaran berlangsung perlunya mempertahankan strategi-strategi pembelajaran yang dilakukan karena telah terbukti dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi peserta didik (3) kepada para peserta didik diharapkan lebih meningkatkan motivasi belajarnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun diluar sekolah juga diharapkan dapat ditingkatan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berkaitan dengan kelanjutan pendidikan peserta didik diharapkan peserta didik lebih aktif dalam mencari informasi-informasi mengenai pendidikan tinggi yang nantinya akan dituju dan (4) kepada peneliti lain bahwasanya hasil dari penelitian ini hanya meneliti hasil belajar peserta didik pada semester 1 dan minat peserta didik untuk melanjutkan kulian di perguruan tinggi negeri saja. Hendaknya peneliti lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan meneliti hasil belajar peserta didik pada keseluruhan jenjang kelas serta dapat mengetahui jenis dan program pendidikan tinggi yang diminati oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item