Hariyadi, Sugeng (2015) Pengaruh metode ABA (Applied Behavior Analisys) terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak autisme / Sugeng Hariyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hariyadi Sugeng 2015 130141613883 Pengaruh Metode ABA (Applied Behavior Analisys ) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang Jurusan Pendidikan Luar Biasa Falkutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Dra.Wiwik Dwi Astuti S. Pd M .Pd Pembimbing ( II) Dr. Sulthoni M. Pd. Kata kunci Metode ABA(Applied Behavior Analisys ) membaca permulaan anak autis Membaca permulaan merupakan salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan bagi anak autis. Meskipun demikian bukanlah hal yang sangat mudah. Anak autis mengalami kesulitan atau kesukaran dalam belajar membaca permulaan karena anak autis memiliki keterbatasan dalam hal hal yang sifatnya abstrak lemah dalam hal memusatkan perhatian dan konsentasi dan cenderung pasif. Metode ABA (Applied Behavior Analisys) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Oleh karena itu penggunaan kartu huruf suku kata kata dan gambar yang merupakan bagian dari metode ABA dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak Autistic Spectrum Disorder (ASD). Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan 1) kemampuan peserta didik sebelum diberikan intervensi menggunakan kartu huruf suku kata dan gambar 2) kemampuan peserta didik setelah diberikan intervensi menggunakan kartu huruf suku kata dan gambar 3) pengaruh kartu huruf suku kata kata dan gambar terhadap kemampuan membaca permulaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif serta dalam intervensi dan analisis data menggunakan metode Single Subject Research (SSR) disain A B A dengan satuan ukur persentase. Subjek penelitian adalah anak autis ringan. pengambilan data dilakukan dengan mengunakan form penilaian yang telah divalidasi. Data yang didapatkan adalah baseline -1(A1) treatment (B) dan beseline -2 (A2). Kemudian data dianalisa hasil yang didapatkan panjang kondisi baseline - 1(A1) adalah 5 sesi observasi selama 5 hari kondisi intervensi (B) sampai 10 sesi selama 10 hari dan kondisi baseline - 2(A2) adalah 4 sesi selama 4 hari pertemuan. Selanjutnya data dianalisa menggunakan grafik visual analisis yang terdiri dari analisa dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan mean level dari baseline -1 sebesar 38 64 sedangkan intervensi sebesar 12 9 baseline -2 sebesar 94 5. Selain itu prosentase overlap antara kondisi baseline -1 ke kondisi intervensi sebesar 0%. Perhitungan tersebut menyatakan adanya pengaruh pengunaan media kartu huruf suku kata kata dan gambar terhadap kemampuan membaca permulaan sebagai target behaviour. Adapun saran bagi guru dari penelitian ini adalah guru dapat memanfaatkan metode ABA untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan khususnya untuk anak dengan autisme.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3709 |
Actions (login required)
View Item |