Pengembangan media pembelajaran kearsipan berbasis adobe flash CS 6 untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang / Ika Indah Prihatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kearsipan berbasis adobe flash CS 6 untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang / Ika Indah Prihatin

Prihatin, Ika Indah (2015) Pengembangan media pembelajaran kearsipan berbasis adobe flash CS 6 untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang / Ika Indah Prihatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prihatin Ika Indah. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Kearsipan Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X APK di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto SM. M.M. M.Pd (II) Drs. H. Mohamad Arief M. Si. Kata kunci media pembelajaran kearsipan keaktifan hasil belajar Media pembelajaran sebagai salah satu sarana meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dalam proses pembelajaran. Selain itu penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan atau minat yang baru rangsangan kegiatan belajar bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMK PGRI 6 Malang adalah Kearsipan. Melalui media pembelajaran Kearsipan berbasis Adobe Flash CS6 ini bertujuan untuk (1) mengetahui kondisi obyektif yaitu metode pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa (2) menghasilkan produk media pembelajaran Kearsipan berbasis Adobe Flash CS6 dan melakukan uji coba serta (3) implementasi produk media pembelajaran Kearsipan berbasis Adobe Flash CS6 terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Borg and Gall melalui 7 langkah dalam pelaksanaan metode penelitian dan pengembangan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) pengembangan produk (3) uji coba validator (4) revisi desain (5) uji coba kelompok terbatas (6) revisi akhir dan (7) uji coba produk. Validitas media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba media diujikan kepada siswa SMK PGRI 6 Malang kelas X Program Administrasi Perkantoran. Hasil validasi ahli materi mencapai 97 5% yang menyatakan media pembelajaran layak untuk digunakan dan hasil validasi ahli media mencapai 92 5 % yang menyatakan bahwa media layak untuk digunakan untuk proses pembelajaran. Hasil dari keaktifan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media menunjukkan adanya perbedaan dimana keaktifan siswa sebelum menggunakan media sebesar 60 7% naik menjadi 90 8% setelah media digunakan. Hasil Pre-test dan post-test siswa menunjukkan perbedaan di mana rata-rata hasil pre-test siswa sebesar 78 1 sedangkan rata-rata hasil posttest sebesar 84 7. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kearsipan berbasis Adobe Flash CS6 efektif karena dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item