Pradhani, Mediana Wahyu (2015) Peran kepaka sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru bersertifikat pendidik (studi multi situs di SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Geger Madiun) / Mediana Wahyu Pradhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pradhani Mediana Wahyu. 2015. Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Bersertifikat Pendidik (Studi Multi Situs di SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Geger Madiun). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Ahmad Nurabadi M.Pd. Kata kunci peran kepala sekolah pengembangan keprofesian berkelanjutan sekolah menengah atas negeri sasaran capaian kinerja pegawai Hampir semua Negara menempatkan pendidikan sebagai kegiatan yang paling utama termasuk di Negara Indonesia yang bertujuan untuk pembangunan bangsa dan Negara. Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai kebergunaan bagi kelangsungan kehidupan manusia di dunia ini. Semua komponen dalam pendidikan formal mempunyai pengaruh untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu komponen pendidikan formal yang sangat berperan adalah kepala sekolah. Kepala sekolah merupakan motor penggerak penentu arah kebijakan sekolah yang akan menentukan bagaimana tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya direalisasikan termasuk dalam peningkatan kompetensi guru. Hal ini karena guru merupakan komponen lain yang tak kalah penting dalam pendidikan yang merupakan salah satu faktor yang paling mendasar dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar yang baik. Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah. Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui peran kepala sekolah dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan guru bersertifikat pendidik di SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Geger Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi multi situs di SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Geger Madiun. Peneliti sebagai partisipasi nihil melakukan penelitian dengan menggunakan sumber data manusia meliputi Kepala Sekolah guru kelas guru BK (Bimbingan Konseling) peserta didik dan pegawai TU (Tata Usaha). Sumber data non manusia berupa dokumen dan foto. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara pengamatan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data display data dan verifikasi data serta menggunakan analisis lintas situs. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik ketekunan pengamatan pengecekan anggota dan trianggulasi. Tahap penelitian meliputi tahap pendahuluan tahap penyusunan proposal tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Temuan penelitian tentang peran kepala sekolah dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan di SMAN 3 Madiun dan SMAN 1 Geger Madiun ini yaitu (1) membina guru dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dan menjadi teladan yang baik bagi guru (2) melakukan pengawasan dan evaluasi dalam pelaksanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru (3) mengelola administrasi sekolah dengan baik mengelola dan mengalokasikan anggaran terkait PKB guru dan (4) menindaklanjuti teknik supervisi yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3707 |
Actions (login required)
View Item |