Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham BUMN yang listing di BEI periode 2011-2013 / Alfian Nurdiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham BUMN yang listing di BEI periode 2011-2013 / Alfian Nurdiansyah

Nurdiansyah, Alfian (2016) Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham BUMN yang listing di BEI periode 2011-2013 / Alfian Nurdiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurdiansyah Alfian. 2015. Pengaruh Profitabilitas terhadap Harga Saham BUMN yang listing di BEI periode 2011-1013. Skripsi Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. Ak. (II) Dr. H. Tuharjo S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Profitabilitas Harga Saham BEI Perusahaan dapat dibagi berdasarkan kepemilikan modalnya menjadi 4 yaitu perusahaan milik swasta milik daerah milik negara dan campuran. Penelitian ini difokuskan pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah listing di BEI yang sebagaimana telah diatur dalam UU bahwa 51% saham BUMN harus dimiliki oleh negara. Semakin berkembangnya dunia bisnis di Indonesia mendorong investor untuk jeli dalam memilih perusahaan mana yang akan dipilih untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio profitabilitas dintaranya ROA ROE NPM EPS terhadap harga saham dengan sampel penelitian BUMN yang listing di BEI selama periode 2011-2013 yakni sebanyak 17 perusahaan dengan 3 periode laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian ini berupa Eksplanatory Research. Analisis yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan y menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham (signifikansi sebesar 0.044 dan B sebesar 148 607) Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham (signifikansi sebesar 0 288 dan B sebesar -61 856) Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham (signifikansi sebesar 0.938 dan B sebesar 1 000) serta Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham (signifikansi sebesar 0.000 dan B sebesar 12 164). Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel X terhadap Y (F hitung sebesar 43 915 dan F table sebesar 1 50). Saran yang dapat disampaikan penulis adalah (1) Bagi investor hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menambah bahan kajian dalam melakukan keputusan investasi dan (2) Bagi penelitian lain disarankan untuk menambah periode penelitian sehingga seluruh BUMN yang listing dapat dijadikan sebagai sampel. Keragaman objek penelitian antara swasta dan BUMN juga dapat digabungkan menjadi satu kelompok sampel mengingat adanya perbedaan struktur kepimilikan modal. Bebeda dengan swasta dalam UU no. 19 tahun 2003 tentang BUMN disebutkan bahwa pada BUMN yang go public 51% sahamnya harus dimiliki oleh negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37053

Actions (login required)

View Item View Item