Implementasi program kompetensi bidang teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas outcomes peserta didik (studi kasus di MAN Malang 1) / Rizky Dahlan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi program kompetensi bidang teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas outcomes peserta didik (studi kasus di MAN Malang 1) / Rizky Dahlan

Dahlan, Rizky (2015) Implementasi program kompetensi bidang teknologi informasi dalam meningkatkan kualitas outcomes peserta didik (studi kasus di MAN Malang 1) / Rizky Dahlan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dahlan Rizky. 2015. Implementasi Program Kompetensi Bidang TI dalam Meningkatkan Kualitas Outcomes Peserta didik di MAN Malang 1. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (2) Teguh Triwiyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci implementasi program kompetensi bidang TI kualitas peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) dapat melakukan pengembangan kualitas peserta didik. Hal ini dikarenakan pihak madrasah lebih mengetahui kebutuhan peningkatan sumber dayanya. Ranah pengembangan kualitas peserta didik diimplementasikan melalui sebuah program. Salah satu program pengembangan kualitas peserta didik yakni Program Kompetensi Bidang TI (Teknologi Informasi). Program Kompetensi Bidang TI merupakan program setara diploma 1 TI yang diadakan oleh MAN Malang 1 yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi dan Konsultasi Sumber Daya Insani (FKK SDI) Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya PT. E-BIZ Microsoft dan Badan Nasioanl Sertifikat Prestasi (BNSP). Tujuan penelitian iniuntuk mendeskripsikan (1)bentuk Program Kompetensi Bidang TI di MAN Malang 1 (2) sarana pendukung Program Kompetensi Bidang TI di MAN Malang 1 (3) langkah-langkah pelaksanaan Program Kompetensi Bidang TI (4) tanggapan dan partisipasi dalam mengikuti Program Kompetensi Bidang TI di MAN Malang 1 (5) indikator keberhasilan pelaksanaan Program Kompetensi Bidang TI dalam meningkatkan kualitas outcomes peserta didik di MAN Malang 1 dan (6) faktor pengehambat dan solusi dalam pelaksanaan Program Kompetensi Bidang TI di MAN Malang 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian ini (1) bentuk program kompetensi bidang TI adalah program setara diploma 1 TI yang diselenggarakan oleh MAN Malang 1 dalam membentuk peserta didik yang mempunyai kemampuan dibidang komputer. Kompetensi diajarkan dalam program ini sudah disesuaikan dengan tingkatan peserta didik sehingga akan memudahkan peserta didik. MAN Malang 1 bekerjasama dengan pihak ITS E BIZ Microsoft dan juga BNSP. MAN Malang 1 menyediakan tiga sertifikat untuk peserta didik yang sudah melakukan tugas akhir dalam program ini yakni sertifikat Diploma 1 dari ITS sertifikat dari Microsoft dan sertifikat dari BNSP (2) sarana pendukung program kompetensi bidang TI di MAN Malang 1berupa beberapa fasilitas yang memadai untuk peserta didik dalam pelaksanaan program. Beberapa fasilitas yang disediakan yakni adanya laboratorium komputer yang memadai dan beberapa pengajar yang sudah ahli dalam bidang IT. MAN Malang 1 mempunyai lima laboratorium komputer yang akan memudahkan pelaksanaan program dan tenaga pengajar program ini sangat ahli karena telah mendapatkan sertifikat dari ITS yaitu Training of Trainer (3) langkah-langkah pelaksanaan program kompetensi bidang TI di MAN Malang 1 yakni terkait persiapan madrasah dan persiapan pengajar yang akan melaksanakan program. Pihak madrasah melakukan monitoring evaluasi dan tindak lanjut terhadap pelaksanaan program ini (4) tanggapan dan partisipasi dalam mengikuti program kompetensi bidang TI di MAN Malang 1sangat baik sekali. Antusias dan minat peserta didik untuk mengikuti program ini sangat besar. MAN Malang 1 telah memberikan dorongan atas antusias para peserta didik dengan mengadakan program ini (5) indikator keberhasilan pelaksanaan program kompetensi bidang TI di MAN Malang 1yakni tercapainya target lulusan dari program ini mencapai 95 persen sampai 100 persen dan menguasai konsep materi yang diajarkan 80 persen sampai 90 persen dan para peserta didik harus dapat mengembangkan potensinya dengan mandiri tanpa harus adanya tekanan dari pengajar dan (6) faktor penghambat dan solusi dalam pelaksanaan program kompetensi bidang TI di MAN Malang 1 terkait dengan waktu pelaksanaan dan juga tingkat kehadiran peserta didik yang tidak lengkap. MAN Malang 1 telah melakukan tindakan proaktif dengan melakukan evaluasi pemecahan masalah dan juga tindak lanjut dari program ini. Semua faktor penghambat yang dihadapi dapat di atasi dengan beberapa cara tersebut. Saran yang dapat diberikan (1) bagi Ketua Program Kompetensi Bidang TI hendaknya dapat menindaklanjuti Program Kompetensi Bidang TI pada setiap tahun ajaran. Selain itu ketua program hendaknya bekerjasama dengan sekolah lain untuk berpartisipasi mengikuti program ini di MAN Malang 1. Selain itu ketua program juga harus bermusyawarah juga kepada para peserta didik dengan lebih inten mengenai penempatan waktu pelaksanaan program (2) bagi Pengajar Program Kompetensi Bidang TI hendaknya memberikan sosialisasi dan motivasi kepada para peserta didik untuk mengikuti Program Kompetensi Bidang TI di MAN Malang 1 (3) bagi Para Dosen dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan Dosen dan Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya memberikan kontribusi dalam pelaksanaan Program Kompetensi Bidang TI. Hal ini akan menambah kajian tentang program ini yang termasuk. Manajemen Mutu Terpadu mengenai pengembangan kualitas outcomes peserta didik dan (4) bagi Peneliti Lain dapat melakukan penelitian sejenis di lokasi yang berbeda. Penelitian ini juga dapat menambah banyak kajian mengenai Program Kompetensi Bidang TI sehingga dapat memperbaiki program ini. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam melakukan penelitian sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item