Analisis efektivitas pemungutan pajak reklame dan pajak hotel Kota Malang tahun 2011-2014 / Siti Zuni Nur Aviva - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis efektivitas pemungutan pajak reklame dan pajak hotel Kota Malang tahun 2011-2014 / Siti Zuni Nur Aviva

Aviva, Siti Zuni Nur (2016) Analisis efektivitas pemungutan pajak reklame dan pajak hotel Kota Malang tahun 2011-2014 / Siti Zuni Nur Aviva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aviva Siti Zuni Nur 2015. Analisis Efektifitas Pemungutan Pajak reklame dan Pajak Hotel Kota Malang Tahun 2011-2014.Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumadi. S.E. M.M (II) Dr. Dodik Juliardi SE. M.M. Ak Kata Kunci Pajak reklame Pajak hotel Pajak reklame dan pajak hotel merupakan sumber penerimaan asli daerah Kota Malang. Sistem pemungutan pajak reklame dengan official assesment system. Sedangkan Sistem pemungutan pajak hotel di Kota Malang menggunakan self assssment system. Dispenda Kota Malang melakukan berbagai upaya intensifikasi dan ekstensifikasi untuk meningkatkan penerimaan dan pemungutan Pajak reklame dan Pajak hotel Kota Malang maka penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat efektifitas pemungutan pajak reklame dan pajak hotel di Kota Malang dilihat dari perbandingan realisasi penerimaan pajak dengan target pajak yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan rancangan analisis deskriptif dengan analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan efektivitas penerimaan pajak dan pajak reklame di kota Malang. Data penelitian berupa paparan pembahasan yang diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa sepanjang kurun waktu waktu 2011-2014 efektivitas pemungutan pajak reklame menunjukkan nilai berturut-turut sebesar 94 20% 108 18% 118 58% dan 123 97% dengan rata-rata 111 23%. Sedangkan untuk efektivitas pajak hotel sepanjang kurun waktu waktu 2011-2014 menunjukkan nilai berturut-turut sebesar 106 90% 109 81% 125 37% dan 146 01% dengan rata-rata 122%. Keterbatasan penelitian ini adalah (1) Efektivitas pemungutan pajak reklame terendah terjadi pada tahun 2011 keterbatasan sarana prasarana sumber daya manusia yang dimiliki dan kemampuan SDM yang belum terlatih untuk terjun ke lapangan sehingga kegiatan sosialisasi yang di agendakan 3-4 kali dalam setahun belum terlaksana (2) Efektivitas pemungutan pajak hotel terendah terjadi pada tahun 2011 karena terdapat kendala prosedur pembayaran pajak yang masih menyulitkan wajib pajak karena prosesnya yang terlalu rumit harus melalui beberapa tahap dalam proses pelunasan pembayaran pajak hotel. Saran untuk penelitian selanjutnya (1) Sebaiknya sebelum melakukan penelitian terkait efektivitas pemungutan pajak reklame harus memperhatikan kendala yang ada di Dispenda kota Malang seperti kendala dalam penelitian ini terkait keterbatasan sarana prasarana sumber daya manusia yang dimiliki dan kemampuan kualitas SDM (2) Sebaiknya sebelum melakukan penelitian terkait efektivitas pemungutan pajak hotel harus memperhatikan kendala yang ada di Dispenda kota Malang seperti kendala dalam penelitian ini terkait prosedur pembayaran pajak yang rumit dan menyulitkan wajib pajak dalam proses pelunasan pembayaran pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37028

Actions (login required)

View Item View Item