Analisis pengaruh perangkat lunak akuntansi dan e-commerce terhadap tingkat profitabilitas UMKM di Malang Raya tahun 2012-2014 / Chantika Dhiah Prameswari

Prameswari, Chantika Dhiah (2016) Analisis pengaruh perangkat lunak akuntansi dan e-commerce terhadap tingkat profitabilitas UMKM di Malang Raya tahun 2012-2014 / Chantika Dhiah Prameswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prameswari, Chantika. 2015. Analisis Pengaruh Perangkat Lunak Akuntansi dan E-commerce terhadap Tingkat Profitabilitas UMKM di Malang Raya Tahun 2012-2014. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak, CA, CMA, (II) Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M, Ak. Kata kunci: UMKM, E-commerce, Perangkat Lunak Akuntansi, Profitabilitas, ROA, ROS, Malang Raya. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia. Dengan berkembangnya jumlah UMKM di Indonesia setiap tahun, maka kontribusi UMKM dalam menciptakan peluang lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja juga semakin besar, demikian pula dengan kontribusi UMKM bagi PDRB lokal dan PDB nasional. Penggunaan Sistem Informasi (SI) oleh UMKM merupakan hal yang menarik untuk diketahui. SI tersebut dapat membatu efektifitas dan efisiensi kegiatan operasional UMKM sehingga dapat memaksimalkan keuntungan yang diperoleh oleh UMKM. Perangkat lunak akuntansi dan e-commerce merupakan bentuk dari SI yang sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perangkat lunak akuntansi dan e-commerce terhadap tingkat profitabilitas UMKM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Data penelitian menggunakan data primer yang didapatkan dalam penelitian. UMKM yang menjadi sampel adalah UMKM yang berada di wilayah Malang Raya. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah nonprobabilitas dengan cara convenience sampling. Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 UMKM. i Hasil dari penelitian ini adalah perangkat lunak akuntansi dan e-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat profitabilitas UMKM, baik diukur dengan indikator ROA dan ROS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37019

Actions (login required)

View Item View Item