Pengaruh finacial leverage, kebijakan deviden, dan pertumbuhan perusahaan terhadap perataan laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang listing di BEIU tahun 2009-2013) / Syitsda Arafa Agfrilian

Agfrilian, Syitsda Arafa (2015) Pengaruh finacial leverage, kebijakan deviden, dan pertumbuhan perusahaan terhadap perataan laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang listing di BEIU tahun 2009-2013) / Syitsda Arafa Agfrilian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agfrilian, Syitsda Arafa. 2015. Pengaruh Financial Leverage, Kebijakan Dividen, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2009-2013. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak, (2) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA. Kata Kunci: Financial Leverage, Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Perataan Laba Perataan laba merupakan salah satu pola dari manajemen laba dan dapat dipandang sebagai proses manipulasi waktu terjadinya laba yang secara sengaja dimaksudkan untuk menormalkan laba agar laba yang dilaporkan terlihat stabil dan diharapkan mempunyai pengaruh yang bermanfaat bagi evaluasi kinerja manajemen. Perataan laba diperbolehkan sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. Namun tindakan ini dapat merugikan investor dan pengguna laporan keuangan lainnya, apabila pihak manajemen sengaja membuat pengungkapan laba yang menyesatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh financial leverage terhadap perataan laba, (2) pengaruh kebijakan dividen terhadap perataan laba, dan (3) pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap perataan laba. Jenis Penelitian ini adalah eksplanasi (explanatory research). Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahu 2009-2013 sebanyak 159 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 12 perusahaan dalam periode 5 tahun, sehingga jumlah sampel menjadi 60. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dari penelitian ini adalah (1) Financial leverage tidak berpengaruh terhadap perataan laba, (2) Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap perataan laba, dan (3) Pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap perataan laba. Saran yang dapat diberikan yaitu: (1) Bagi pihak investor, sebelum berinvestasi pada suatu perusahaan, hendaknya tidak hanya menganalisis risiko perusahaan dari tingkat utang, informasi dividen, dan kondisi perusahaan saat itu, namun juga menggunakan pertimbangan lain seperti kondisi ekonomi di masa mendatang, kinerja manajemen perusahaan, regulasi pemerintah, dan lain sebagainya. (2) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk penelitian selanjutnya menggunakan variabel lain dan indikator lain untuk mendeteksi perataan laba misalnya dengan menggunakan Modified Jones Model. Selain itu, penelitian ini dapat dikembangkan untuk sektor yang lain selain perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI misalnya sektor property and real estate, perusahaan lembaga keuangan, pertambangan, atau perusahaan sektor industri lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37017

Actions (login required)

View Item View Item