Pengembangan media pembelajaran Blog untuk mata pelajaran Akuntansi di SMA / Fajar Ryan Antono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Blog untuk mata pelajaran Akuntansi di SMA / Fajar Ryan Antono

Antono, Fajar Ryan (2015) Pengembangan media pembelajaran Blog untuk mata pelajaran Akuntansi di SMA / Fajar Ryan Antono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antono Fajar Ryan. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Blog untuk Mata Pelajaran Akuntansi di SMA. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. CA. Kata Kunci Media Pembelajaran Blog Berdasarkan pengalaman yang diperoleh pada saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 1 Tumpang sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran akuntansi. Selain itu sebagian besar peserta didik juga kurang termotivasi untuk mempelajari mata pelajaran akuntansi karena mata pelajaran ini berkaitan dengan hafalan dan perhitungan. Pendidik selalu memberikan materi secara konvensional sedangkan peserta didik merasa guru terlalu banyak memberikan tugas dan latihan soal. Selama proses pembelajaran siswa nampak jenuh dan tidak bersemangat untuk mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut antara lain dapat menggunakan alat bantu berupa media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dimaksudkan untuk mempermudah peserta didik memahami materi pelajaran yang diajarkan. Selain itu media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi 1) pencarian dan pengumpulan informasi 2) pengembangan draft produk awal 3) uji coba awal 4) revisi hasil uji coba awal 5) uji coba lapangan 6) revisi produk akhir dan 7) penyebaran dan penggunaan. Uji coba awal dilakukan dengan melakukan validasi media dan materi kemudian dilanjutkan dengan uji coba lapangan kepada peserta didik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model media pembelajaran blog untuk mata pelajaran akuntansi yang mampu membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami materi jurnal umum perusahaan jasa. Berdasarkan data hasil validasi diperoleh penilaian dari validasi ahli media sebesar 71 67% validasi ahli materi sebesar 72 59% dan hasil uji coba lapangan sebesar 85 72%. Apabila hasil validasi tersebut dihitung secara keseluruhan akan diperoleh nilai rata-rata sebesar 76 66%. Hasil uji coba ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran blog untuk mata pelajaran akuntansi layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Secara umum media pembelajaran blog untuk mata pelajaran akuntansi layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tetapi masih ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi yaitu keterbatasan media untuk melacak atau mendeteksi seberapa sering peserta didik menggunakan layanan external link dan download. Berdasarkan hasil pengembangan diatas maka disarankan untuk pengembangan media selanjutnya diharapkan mampu melacak atau mendeteksi link yang disediakan sehingga dapat diketahui seberapa sering peserta didik mengunjungi atau bahkan men-download materi yang disajikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37015

Actions (login required)

View Item View Item