Pengaruh good corporate governance dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang (studi pada BPR yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2014) / Effriza Rachma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh good corporate governance dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang (studi pada BPR yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2014) / Effriza Rachma Wardhani

Wardhani, Effriza Rachma (2015) Pengaruh good corporate governance dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang (studi pada BPR yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2014) / Effriza Rachma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhani Effriza Rachma. 2015. Pengaruh Good Corporate Governance dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kinerja Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Di Kabupaten Malang (Studi pada BPR yang Terdaftar di Bank Indonesia Tahun 2014). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Good Corporate Governance (GCG) Kepercayaan Pelanggan Kinerja Keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kinerja keuangan dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang pada tahun 2014 dilihat dari sisi Return On Assets (ROA) cenderung meningkat tiap bulannya meskipun terkadang sempat mengalami penurunan namun tidak signifikan. Hal tersebut tidak lepas dari mekanisme Good Corporate Governance (GCG) yang merupakan tata kelola perusahaan sebagai suatu sistem yang mengatur dan mengendalikan perusahaan antara berbagai pihak dalam kegiatan perkreditan. Di satu sisi terdapat faktor lain yaitu kepercayaan pelanggan di mana modal pokok dalam kegiatan usaha bank untuk menjaga kontinuitas usaha bank menciptakan dan menjaga kestabilan moneter dan ekonomi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh GCG dan kepercayaan pelanggan dengan kinerja keuangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kabupaten Malang. Populasi penelitian ini adalah 32 BPR di Kabupaten Malang yang terdaftar di Bank Indonesia. Pemilihan sampel BPR dan responden menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel yang terkumpul terdiri dari 31 BPR dengan kriteria kantor BPR yang memiliki status sebagai kantor pusat dan berbentuk hukum Perseroan Terbatas (PT) yang berada di Kabupaten Malang dan terdaftar di Bank Indonesia pada tahun 2014. Pemilihan sampel responden dengan kriteria responden perseorangan atau Usaha Dagang (UD) yang sudah menjadi nasabah BPR selama minimal satu tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yaitu kuisioner dan data sekunder yaitu laporan keuangan publikasi BPR pada tahun 2014. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa proporsi kepemilikan pemegang saham pengendali jumlah dewan komisaris ukuran dewan direksi dan kepercayaan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan BPR di Kabupaten Malang. Hal ini berarti peningkatan GCG dan kepercayaan pelanggan mampu meningkatkan kinerja keuangan BPR yang diukur dengan ROA. Di sisi lain hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar nasabah sangat tidak percaya terhadap pelayanan nasabah BPR di Kabupaten Malang. Hal ini dimungkinkan bahwa nasabah cenderung lebih percaya terhadap pelayanan nasabah bank umum atau swasta dibandingkan dengan pelayanan nasabah BPR di Kabupaten Malang. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menambahkan sampel dan rentang waktu penelitian melakukan wawancara atau terlibat langsung dalam aktivitas BPR dan menggunakan rasio-rasio lain yang mempengaruhi tingkat kesehatan kinerja keuangan BPR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37004

Actions (login required)

View Item View Item