Ambari, Nur Aida (2012) Pemilihan dan pemanfaatan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa SMAN 6 Malang / Nur Aida Ambari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pemilihan dan pemanfaatan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Republik Indonesia sehingga bahasa Indonesia dijadikan mata pelajaran pokok yang wajib diikuti dan dimasukkan ke dalam syarat kelulusan ujian disetiap jenjang pendidikan salah satunya jenjang SMA. Pembelajaran bahasa Indonesia yang berkaitan dengan teks sastra menyebabkan media pembelajarannya dominan menggunakan media cetak. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pembahasan mengenai pemilihan dan pemanfaatan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui jenis-jenis media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan oleh siswa SMAN 6 Malang (2) mendeskripsikan pemilihan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa SMAN 6 Malang (3) mendeskripsikan pemanfaatan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa SMAN 6 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 6 Malang kelas 1 2 dan 3 tahun ajaran 2012/2013 sedangkan sampelnya 86 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) Jenis-jenis media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan oleh oleh siswa SMAN 6 Malang adalah buku teks bahasa Indonesia buku suplemen dalam bentuk LKS dan novel modul bahasa Indonesia ensiklopedia bahasa Indonesia surat kabar dan majalah. (2) Pemilihan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa SMAN 6 Malang dilatarbelakangi oleh (a) media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia tersebut dapat membantu saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru (b) media cetak tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Guru (c) ketersediaan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 6 Malang tersedia cukup lengkap (d) harganya terjangkau. (3) Dalam Pemanfaatan media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia oleh siswa SMAN 6 Malang masih kurang optimal disamping itu hambatan yang dialami siswa SMAN 6 Malang yaitu minimnya jumlah media cetak penunjang pembelajaran bahasa Indonesia yang tersedia di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |