Hubungan kualifikasi dan kompetensi tenaga administrasi sekolah dengan produktivitas kerja di SMP Negeri se-Kabupaten Banyuwangi / Vivi Yuningsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualifikasi dan kompetensi tenaga administrasi sekolah dengan produktivitas kerja di SMP Negeri se-Kabupaten Banyuwangi / Vivi Yuningsari

Yuningsari, Vivi (2015) Hubungan kualifikasi dan kompetensi tenaga administrasi sekolah dengan produktivitas kerja di SMP Negeri se-Kabupaten Banyuwangi / Vivi Yuningsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuningsari Vivi. 2015. Hubungan Kualifikasi dan Kompetensi TAS dengan Produktivitas Kerja di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultasi Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd (II) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd. Kata kunci kualifikasi TAS kompetensi TAS dan produktivitas kerja. Produktivitas kerja adalah kemampuan menghasilkan suatu kerja yang lebih banyak daripada ukuran biasa yang telah umum. Produktivitas kerja dikatakan tinggi jika hasil yang diperoleh lebih besar daripada sumber kerja yang digunakan. Produktivitas kerja dikatakan rendah jika hasil yang diperoleh lebih kecil daripada sumber kerja yang digunakan. Gambaran produktivitas kerja dapat diperoleh dari dedikasi loyalitas kesungguhan disiplin ketepatan penggunaan metode atau cara kerja yang tampak selama personel sebagai tenaga kerja melaksanakan volume dan beban kerjanya. Seorang pegawai negeri yaitu Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) dikatakan produktif jika selama jam kerja yang bersangkutan selalu tekun tidak membolos datang dan pulang tepat waktu mengerjakan pekerjaan dengan cara yang berdaya guna dan pekerjaan diselesaikan tepat waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan kualifikiasi dan kompetensi TAS hubungan kualifikasi TAS dan produktivitas kerja hubungan kompetensi TAS dan produktivitas kerja dan mendeskripsikan hubungan kualifikasi dan kompetensi TAS dengan produktivitas kerja di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yang bersifat deskriptif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan responden TAS SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel wilayah atau Area Sample dengan membangi menjadi 5 bagian yaitu bagian utara timur selatan barat dan tengah. Peneliti menentukan sampel dengan menggunakan Purposive Sample untuk mengambil 1 SMP Negeri yang mewakili wilayahnya. Dari tiap SMP Negeri di wilayah yang sudah ditentukan didapat 58 staf TAS. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan korelasi ganda dengan menggunakan program SPSS 16 0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1)Secara parsial ada hubungan signifikan antara kualifikasi dan kompetensi TAS di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya hubungan yang signifikan secara positif antara variabel kualifikasi TAS dan kompetensi TAS dengan rhitung 0 915 rtabel 0 26 (2) Secara parsial ada hubungan signifikan antara kualifikasi TAS dan produktivitas kerja di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Karena nilai rhitung 0 855 rtabel 0 26 maka ada hubungan signifikan secara positif antara kualifikasi TAS dengan produktivitas kerja (3) Secara parsial ada hubungan signifikan antara kompetensi TAS dan produktivitas kerja di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Nilai probabilitas (signifikan) 8804 0 05 yakni 0 000 dan rhitung (0 574) rtabel (0 26) maka H0 ditolak dan H1 diterima yakni terdapat hubungan yang positif sehingga terjadi hubungan yang signifikan antara kompetensi TAS dan produktivitas kerja dan (4) Secara simultan ada hubungan signifikan antara kualifikasi dan kompetensi TAS dengan produktivitas kerja di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi. Diperoleh nilai probabilitas (signifikan) 8804 0 05 yakni 0 000 dan rhitung (0 99) rtabel (0 26) maka H1 diterima yakni terdapat hubungan positif sehingga terjadi hubungan yang signifikan antara kualifikasi dan kompetensi TAS dengan produktivitas kerja. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini yaitu (1) Tenaga Administari Sekolah di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kompetensi yang dimilikiya seperti kompetensi kepribadian kompetensi sosial dan kompetensi teknis. Staf TAS yang memiliki latar belakang rendah sebaiknya terus mengembangkan diri pribadi sehingga bisa meningkatkan hasil kinerjannya (2) Bagi Kepala Sekolah di SMP Negeri Se-Kabupaten Banyuwangi diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi staf TAS. Mengembangan kompetensi menjadi lebih berkualitas sehingga harapan sekolah untuk memenuhi layanan administrasi dengan baik dapat terwujud (3) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan tidah hanya sebagai bahan bacaan yang dapat dijadikan referensi melainkan sebagai bahan pengembangan matakuliah manajemen pendidikan sehingga mahasiswa mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki dan dapat diterapkan dalam dunia kerja dan (4) Peneliti Lain diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan untuk mengadakan penelitian yang lebih mendalam tentang variabel lain yang berhubungan dengan produktivitas kerja misalnya etos kerja dan kedisiplinan pegawai serta sebagai bahan perbandingan antara teori dan kenyataan dilapangan. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian sejenis pada jenjang SMP negeri atau swasta tentunya dengan menggunakan teknik dan instrumen yang baik dan sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3699

Actions (login required)

View Item View Item