Ardaniah, Ulfa Tri (2015) Pengaruh kualitas pelayanan fiskus, kualitas penyuluhan, dan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari) / Ulfa Tri Ardaniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardaniah Ulfa Tri. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Kualitas Penyuluhan dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Endang Sri Andayani S.E. M.Si.Ak. (II) Nujmatul Laily S.Pd. M.SA. Kata Kunci kualitas pelayanan fiskus kualitas penyuluhan sanksi kepatuhan wajib pajak Perubahan sistem perpajakan dari Official Assesment menjadi Self Assesment yang memberikan kepercayaan kepada WP dalam pemenuhan kewajiban perpajakan yaitu untuk menghitung membayar dan menyampaikan (melaporkan) jumlah pajak terutangnya sendiri menjadikan kepatuhan sebagai faktor penting untuk mencapai keberhasilan penerimaan pajak secara optimal. Terdapat hubungan yang erat antara kepatuhan WP dan penerimaan pajak semakin tinggi tingkat kepatuhan WP maka penerimaan pajak juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan fiskus kualitas penyuluhan dan sanksi berpengaruh terhadap kepatuhan WP orang pribadi di KPP Pratama Singosari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WP OP terdaftar di KPP Pratama Singosari sejumlah 70.436. Jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel sebanyak 100 WP OP. Jenis data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner dan untuk jenis data sekunder peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan dan kualitas penyuluhan yang diberikan fiskus maka kepatuhan WP OP juga akan meningkat. Selain itu variabel sanksi yang diukur melalui persepsi WP menunjukkan bahwa semakin baik persepsi WP tentang sanksi maka kepatuhan WP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya juga meningkat. Mengingat hasil penelitian tersebut diharapkan KPP Pratama Singosari lebih intensif dalam mengadakan penyuluhan-penyuluhan pajak terpadu untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada WP tentang pentingnya membayar pajak pemahaman terhadap peraturan terbaru serta pengetahuan tentang sanksi apabila WP tidak patuh. Diharapkan dengan usaha penyuluhan secara intensif tersebut kepatuhan WP akan meningkat. Kemudian bagi peneliti selanjutnya dikarenakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini lemah maka seharusnya untuk penelitian selanjutnya peneliti ikut serta dalam kegiatan penyuluhan yang telah diprogramkan oleh kantor pajak yang menjadi tempat penelitian sehingga seluruh wajib pajak yang hadir dalam penyuluhan dapat dijadikan sampel penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36987 |
Actions (login required)
View Item |