Pengaruh total penjualan, net profit margin, debt to equity ratio, dan quick ratio terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013 / Eris Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh total penjualan, net profit margin, debt to equity ratio, dan quick ratio terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013 / Eris Kartikasari

Kartikasari, Eris (2015) Pengaruh total penjualan, net profit margin, debt to equity ratio, dan quick ratio terhadap ketepatan waktu corporate internet reporting pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013 / Eris Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartikasari Eris. 2015. Pengaruh Total Penjualan Net Profit Margin Debt to Equity Ratio dan Quick Ratio terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Sulastri S.Pd. M.SA. Kata Kunci Total Penjualan Net Profit Margin Debt to Equity Ratio Quick Ratio Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting Ketepatan waktu pelaporan keuangan akan menimbulkan good news yang berarti perusahaan tidak mengalami kesulitan keuangan sehingga dapat menyajikan laporan keuangan perusahaan secara tepat waktu sebaliknya ketidaktepatan waktu akan menimbulkan bad news yang berarti bahwa perusahaan mengalami kesulitan untuk menyajikan laporan keuangan secara tepat waktu karena masih perlu diperbaiki. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal yang bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu corporate internet reporting (CIR) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor yang diuji dalam penelitian ini yaitu total penjualan net profit margin debt to equity ratio dan quick ratio sebagai variabel independen sedangkan ketepatan waktu CIR sebagai variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 perusahaan manufaktur yang berturut-turut terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2013 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penilitian ini adalah data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik pada tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotetis mengenai total penjualan net profit margin dan quick ratio berpengaruh positif terhadap ketepatan waktu CIR diterima sedangkan hipotesis mengenai debt to equity ratio berpengaruh negatif terhadap ketepatan waktu CIR ditolak. Disarankan perusahaan dapat meningkatkan total penjualan net profit margin dan quick ratio agar dapat memenuhi informasi kunci dan dapat menyajikan laporan keuangan perusahaan secara tepat waktu. Investor diharapkan untuk mempertimbangkan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang baik serta perusahaan yang tepat waktu dalam penyampaian laporan keuangan. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah rasio keuangan ataupun variabel-variabel lain baik faktor internal atau eksternal perusahaan seperti rasio pertumbuhan kualitas sistem pengendalian internal reputasi auditor kondisi ekonomi dan penggunaan teknologi informasi terbaru yang kemungkinan memiliki pengaruh terhadap ketepatan waktu laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36979

Actions (login required)

View Item View Item