Pengaruh locus of control, financial knowledge, dan personal income terhadap financial management behavior pada karyawan KPP Pratama Blitar / Zenika Aprilia

Aprilia, Zenika (2015) Pengaruh locus of control, financial knowledge, dan personal income terhadap financial management behavior pada karyawan KPP Pratama Blitar / Zenika Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilia, Zenika. 2015. Pengaruh Locus of Control, Financial Knowledge, dan Personal Income terhadap Financial Management Behavior pada Karyawan KPP Pratama Blitar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc., (II) Nujmatul Laily, S.Pd., M.SA. Kata Kunci: financial management behavior, locus of control, financial knowledge, personal income Financial management behavior merupakan salah satu isu yang sangat penting pada saat ini. Hal tersebut berkaitan dengan budaya perilaku konsumtif pada masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan semakin meningkatnya risiko dan globalisasi dari pasar bebas, membuat setiap individu harus berusaha untuk menerapkan financial management behavior yang baik. Financial management behavior merupakan kemampuan individu untuk memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki dalam mengelola sumber-sumber keuangan secara efektif dalam setiap aspek, seperti penganggaran, pengelolaan, dan penyimpanan keuangan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam kehidupan finansial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari locus of control internal dan eksternal, financial knowledge, dan personal income terhadap financial management behavior. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan KPP Pratama Blitar dengan jumlah responden sebanyak 61 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Pengujian menggunakan analisis regresi berganda dengan melihat nilai dari Beta menunjukkan bahwa besarnya pengaruh locus of control internal sebesar 0,324; locus of control eksternal sebesar 0,138; financial knowledge sebesar 0,527 serta; personal income sebesar 0,121. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa locus of control internal, locus of control eksternal, financial knowledge, dan personal income memiliki pengaruh yang positif terhadap financial management behavior. Lebih lanjut, variabel financial knowledge memiliki pengaruh yang paling besar terhadap penerapan financial management behavior yang bertanggung jawab. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah (1) Mempertimbangkan faktor-faktor psikologis di luar locus of control, seperti kecerdasan spiritual, personality traits, pengalaman keuangan, dan sebagainya; (2) Untuk sampel penelitian dapat dilakukan pada kelompok masyarakat dengan karakteristik yang unik dan berbeda; (3) Dalam penyusunan kuesioner perlu diperhatikan penggunaan kata agar mudah dipahami oleh responden dan tidak menimbulkan ambiguitas; (4) Untuk teknik pengujian dapat menggunakan metode lain seperti Structural Equation Modelling (SEM) dan chi square; dan (5) Untuk kuesioner penelitian perlu disertakan pernyataan konfirmatori agar hasilnya menjadi lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36959

Actions (login required)

View Item View Item