Analisis penerapan metode pembelajaran aktif menggunakan team quiz berbantuan media question card dan minat belajar terhadap perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu pada mata pelajaran akuntansi / Halinda Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan metode pembelajaran aktif menggunakan team quiz berbantuan media question card dan minat belajar terhadap perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu pada mata pelajaran akuntansi / Halinda Novita Sari

Sari, Halinda Novita (2015) Analisis penerapan metode pembelajaran aktif menggunakan team quiz berbantuan media question card dan minat belajar terhadap perbedaan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu pada mata pelajaran akuntansi / Halinda Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Halinda Novita. 2015. Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Menggunakan Team Quiz Berbantuan Media Question Card dan Minat Belajar Terhadap Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Bety Nur Achadiyah S.Pd M.Sc. Pembimbing (2) Sawitri Dwi Prastiti S.E M.Si Ak. Kata kunci Metode Pembelajaran Aktif Team Quiz Question Card Minat Belajar Hasil Belajar Metode pembelajaran aktif menggunakan Team Quiz Berbantuan Media Question Card merupakan suatu metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan konstruktivistik. Metode tersebut dalam penerapannya berorientasi pada siswa. Siswa dituntut mengembangkan dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya. Metode tersebut diduga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain penggunaan metode pembelajaran minat belajar siswa juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang menaruh minat terhadap apa yang sedang dipelajari ia akan memberikan perhatian lebih terhadap materi yang diajarkan serta minat tersebut dapat menjaga ingatan siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar akuntansi siswa antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran aktif menggunakan Team Quiz Berbantuan Media Question Card dengan metode konvensional (2) Perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang meiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah (3) Interaksi antara metode pembelajaran yang diterapkan dengan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian factorial 2x2 dengan populasi 143 siswa dan sampel 57 siswa (XI IPS 2 (28) dan XI IPS 5 (29)) yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (mengukur hasil belajar siswa) dan kuesioner (mengukur minat belajar siswa). Analisis data menggunakan analisis data deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan ANOVA Two Way dengan bantuan Software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisi data tersebut diperoleh tiga kesimpulan yaitu (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional dan metode pembelajaran aktif menggunakan team quiz berbantuan media question card (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Guru diharapkan dapat menerapkan metode pembelajaran yang lebih yang dapat melibatkan siswa secara aktif (2) Peneliti selanjutnya menggunakan kategori minat belajar dan hasil belajar yang baku serta mempertimbangkan penggunaan angket minat sebagai dasar untuk menambah penilaian dari aspek lain yaitu aspek afektif. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36958

Actions (login required)

View Item View Item