Penerapan manajemen mutu ISO 9001:2008 dan sistem penilaian prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang / Mega Suryawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan manajemen mutu ISO 9001:2008 dan sistem penilaian prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang / Mega Suryawati

Suryawati, Mega (2015) Penerapan manajemen mutu ISO 9001:2008 dan sistem penilaian prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang / Mega Suryawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suryawati Mega. 2015. Penerapan Manajemen Mutu ISO 9001 2008 dan Sistem Penilaian Prestasi Kerja Guru di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata kunci manajemen mutu sistem penilaian prestasi kerja guru. Guru merupakan SDM utama dalam pendidikan dan salah satu elemen penting dalam sistem pendidikan yang dilakasanakan di sekolah. Untuk meningkatkan prestasi kerja guru diperlukan sebuah sistem dalam bidang manajemen sumber daya manusia yang diyakini dapat mendorong tenaga kerja untuk meningkatkan prestasinya yaitu sebuah Sistem Manajemen Mutu (SMM) khususnya SMM yang memfokuskan perhatiannya pada output dan outcome dalam bidang pendidikan. Dalam SMM guru memiliki posisi yang sangat strategis dalam memberdayakan seluruh komponen yang ada hal ini dibuktikan di SMK Negeri 3 Malang yang terakreditasi A dan tersertifikasi ISO 9001 2008 berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan didukung tenaga pengajar yang profesional dibidangnya sarana prasarana yang memadai. Semua program keahlian mempunyai laboratorium sendiri dengan mengacu pada standar yang sudah ditetapkan sehingga memberi peluang pada siswa untuk menjalankan praktikum secara individual maupun kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan beberapa hal yang meliputi (1) dasar penerapan manajemen mutu di SMK Negeri 3 Malang (2) sistem manajemen mutu dalam peningkatan dan penilaian prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang (3) faktor penunjang penerapan manajemen mutu ISO dalam peningkatan prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang (4) hambatan penerapan manajemen mutu ISO 9001 2008 dalam peningkatan prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang dan (5) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dari penerapan manajemen mutu dalam peningkatan prestasi kerja guru di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan penelitian dengan cara triangulasi kecukupan referesial pengecekan keanggotaan dan perpanjangan pengamatan. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) penerapan manajemen mutu dilatarbelakangi oleh pelayanan yang bermutu dari pelayanan yang bermutu menuntut sekolah agar terus mengembangkan sekolah khususnya dari sumber daya manusia (2) sistem manajemen mutu dalam penilaian kinerja guru sangatlah berperan penting untuk meningkatkan kualitas guru tersebut penilaian prestasi kerja dilakukan dengan mengaudit masing-masing area yang ada di sekolah (3) berbagai fasilitas yang kini tersedia di sekolah menjadi faktor penunjang dalam peningkatan pretasi kerja guru dan semua tersedia dan tersistem dengan adanya manajemen mutu selain itu dukungan dari berbagai pihak baik ekternal maupu internal sangat mempengaruhi perbaikan kinerja guru (4) hambatan atau kendala yang dihadapi SMK Negeri 3 Malang dalam melasanakan sistem manajemen mutu dalam peningkatan prestasi kerja guru terletak pada kemauan dari diri guru tersebut guna perbaikan mutu di kegiatan belajar mengajar (5) peningkatan prestasi kerja guru dapat dilakukan dengan memberikan motivasi terhadap sesama guru. Dengan pemberian motivasi kinerja guru akan semakin meningkat dan guru akan dengan senang menyelesaikan tugasnya. Dilakukannya peningkatan pendidikan guru dengan program sertifikasi dan beasiswa kepada guru yang berprestasi serta adanya pelatihan-pelatihan seminar workshop juga dapat membantu peningkatan prestasi kerja guru. Berdasarkan kesimpulan peneliti memberikan saran-saan antara lain (1) bagi Kepala SMK Negeri 3 Malang diharapkan dapat memberikan perbaikan lagi dengan terus memberikan pelatihan-pelatihan serta membina guru-guru di SMK Negeri 3 Malang agar dapat meningkatkan kompetesinya guna peningkatan prestasi kerja serta guru dapat mempertahankan prestasi yang sudah diraihnya (2) bagi Wakil Manajemen Mutu diharapkan dapat dijadikan masukan sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan program kegiatan yang telah direncanakan untuk meningkatkan prestasi kerja gurudi SMK Negeri 3 Malang sesuai dengan sistem manajemen mutu yang ada sekarang yaitu ISO 9001 2008 (3) bagi Guru diharapkan guru memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan peningkatan prestasi kerja guru agar dapat menjadi guru yang berkompeten dibidangnya (4) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih memperbanyak pengembangan ilmu manajemen mutu dan mengadakan sosialisasi tentang pentingnya manajemen mutu dalam peningkatan prestasi kerja guru (5) bagi Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dan sebagai bahan tambahan dalam pengembangan sistem manajemen mutu saat ini (6) bagi Peneliti lain diharapkan untuk lebih memperdalam kajian tentang penerapan manajemen mutu di sekolah menengah khususnya sekolah kejuruan dan dapat dijadikan bahan referensi untuk peneliti lain yang sejenis atau melakukan penelitian pada tempat yang sama dengan substansi manajemen pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item