Pengaruh diversifikasi perusahaan, kompensasi bonus, dan profitabilitas terhadap manajemen laba (studi kasus pada perusahaan consumenr goods di BEI tahun 2012-2013 / Tri Kenyatyas Magdalena Puspa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh diversifikasi perusahaan, kompensasi bonus, dan profitabilitas terhadap manajemen laba (studi kasus pada perusahaan consumenr goods di BEI tahun 2012-2013 / Tri Kenyatyas Magdalena Puspa

Puspa, Tri Kenyatyas Magdalena (2015) Pengaruh diversifikasi perusahaan, kompensasi bonus, dan profitabilitas terhadap manajemen laba (studi kasus pada perusahaan consumenr goods di BEI tahun 2012-2013 / Tri Kenyatyas Magdalena Puspa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspa T.K.M.. 2015. Pengaruh Diversifikasi Perusahaan Kompensasi Bonus dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba (Studi kasus pada Perusahaan Consumer Goods di BEI Tahun 2012-2013). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Hj. Yuli Widi Astuti SE. M. Si. Ak. (II) Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak. Kata Kunci Diversifikasi Perusahaan Kompensasi Bonus Profitabilitas Manajemen Laba. Manajemen laba adalah tindakan yang dilakukan manajer dengan memanipulasi atau mengatur laba yang tersaji pada laporan keuangan untuk mendapatkan kepercayaan para pengguna laporan keuangan agar tetap berinvestasi.Manajemen laba sering terjadi pada perusahaan-perusahaan Indonesia. Menurut hasil pemeriksaan Bapepam-LK hingga tahun 2012 Bapepam-LK telah melakukan pemeriksaan atas 165 kasus dugaan pelanggaran di bidang pasar modal dan melakukan penyidikan terhadap 12 kasus dugaan tindak pidana di bidang pasar modal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara variabel diversifikasi perusahan kompensasi bonus dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa informasi mengenai lokasi entitas anak perusahaan jumlah jenis usaha anak perusahaan besar kompensasi bonus manajer dan persentase profitabilitas perusahaan yang bersumber dari laporan keuangan dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di BEI periode 2012-2013 sebanyak 38 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 21 perusahaan dengan periode 2 tahun. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan listing di BEI pada tahun 2012-2013 (2) Perusahaan mempunyai entitas anak perusahaan (3) Perusahaan harus mendapatkan laba dua tahun berturut-turut. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Uji regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial diversifikasi operasional tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba sedangkan diversifikasi geografis berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba lalu kompensasi bonus tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan dan profitabilitas tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain yang mempengaruhi manajemen laba berdasarkan penelitian terdahulu seperti adanya opsi saham corporate governance status internasional dan pajak penghasilan perusahaan. Serta menambah periode penelitian dan jumlah sampel agar hasil penelitian lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36947

Actions (login required)

View Item View Item