Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa SMAN 6 Kediri melalui collaborative learning / Widya Roshandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa SMAN 6 Kediri melalui collaborative learning / Widya Roshandi

Roshandi, Widya (2015) Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa SMAN 6 Kediri melalui collaborative learning / Widya Roshandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Roshandi Widya. 2015.MeningkatkanAktivitasdanKreatifitasSiswa SMAN 6 Kediri MelaluiCollaborative Learning. Skripsi.JurusanAkuntansi Program StudiPendidikanAkuntansi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Diana TienIrafahmi S.Pd M.Ed (2) H.EkaAnanta Sidharta S.E. M.M. Ak. CA Kata kunci Collaborative Learning Aktivitas Kreatifitas Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasdankreatifitassiswadalampembelajaranakuntansidenganmodel collaborative learningpadasiswakelasXI IPS 5 SMAN 6 Kediri.Secarakhususnyatujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpeningkatanaktivitasdankreatifitassiswasertamendeskripsikanpenerapan modelpembelajaranakuntansidengan model collaborative learning Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Objekpenelitianadalah prosespembelajaranakuntansipadakelas XI IPS 5 SMAN 6 Kediridansubjekdaripenelitianadalahsemuasiswayang adadikelastersebut.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus yaknisiklusIterdiridaritigakalipertemuandansiklusII terdiridariduakalipertemuan.Sebelummemberikantindakan(menggunakancollaborative learning) siswadiberitespra-tindakan.Padasetiapakhirsiklusdiadakantessiklus.Instrumen yang digunakandalampenelitianberupalembarobservasidanwawancaraterhadap guru dansiswa. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranakuntansidenganmodel collaborative learningmemberikandampakpositifterhadapaktivitasdankreatifitassiswa.(1)Skoraktivitassiswameningkat 9 8% daritespra-tindakankesiklusI danmeningkatlagi 12 4% padasiklus II.(2)Skorkreatifitassiswameningkat7%daritespra-tindakankesiklusIdanmeningkatlagi16%padasiklusII.(3)Pembelajaranakuntansidengancollaborative learningberjalandenganbaikdandapatmeningkatkanaktivitasdankreatifitassiswa.Tahapandalammetodeinimeliputi(a) penyampaianmateri (b)siswalatihansoalsesuaidenganmateri (c)siswamengerjakantugas (d)siswamengumpulkantugasdan (e) pembahasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/36943

Actions (login required)

View Item View Item