Peran serta orangtua dalam membantu kelompok belajar anak di rumah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Kota Malang) / Darwis Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran serta orangtua dalam membantu kelompok belajar anak di rumah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Kota Malang) / Darwis Jatmiko

Jatmiko, Darwis (2015) Peran serta orangtua dalam membantu kelompok belajar anak di rumah (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Kota Malang) / Darwis Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jatmiko Darwis. 2015. Peran Serta Orangtua dalam Membantu Kelompok Belajar Anak di Rumah (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Sukun 1 Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si (II) Sunarni S.Pd M.Pd Kata kunci hubungan sekolah dengan masyarakat peran serta orangtua kelompok belajar anak di rumah. Pada umumnya orangtua hanya melihat bagaimana proses pendidikan berlangsung di sekolah. Orangtua hanya ingin anaknya dididik menjadi orang dewasa yang dapat berdiri sendiri dan menjadi warga negara yang baik. Mereka melimpahkan semua tanggung jawab pengajaran kepada sekolah. Partisipasi atau peran serta orangtua dalam pendidikan tidak bisa dimaknai sebatas dalam iuran atau materi melainkan juga perhatian waktu dan tenaga. Oleh dari itu peran serta orangtua untuk mencurahkan segala bentuk perhatian waktu dan tenaga dalam memberikan pengajaran serta bimbingan yang terbaik bagi anaknya selama di rumah hendaknya dilakukan dengan kesungguhan dan niat yang tulus demi mendukung keberhasilan pendidikan bagi anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) program hubungan sekolah dengan orangtua (2) faktor lingkungan belajar anak yang mencakup karakteristik lingkungan fisik dan karakteristik lingkungan sosial dan (3) peran dan partisipasi orangtua dalam pembelajaran anak yang meliputi (a) seberapa jauh partisipasi orangtua bagi proses pembelajaran anak di rumah (b) siapa saja yang berpartisipasi dalam pembelajaran anak kapan diadakan pengaturan waktu belajar anak apa peran orangtua dalam pembelajaran anak dan dimanakah pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukun 1 Kota Malang karena merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif kreatif dan bervariatif dalam proses belajar mengajarnya yaitu dengan menerapkan kelompok belajar sebagai salah satu sarana pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisis secara berulang-ulang untuk menyusun konsep dan abstraksi temuan lapangan. Kredibilitas data dicek dengan menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber data. Temuan penelitian ini yaitu (1) Program hubungan sekolah dengan masyarakat atau orangtua di SDN Sukun 1 Kota Malang antara lain (a) bentuk kerja sama antara pihak sekolah dengan orangtua siswa biasanya pihak sekolah membutuhkan bantuan berupa benda baik itu material maupun non material. Tentunya dengan catatan tidak memberatkan atau membebani orangtua siswa misalnya bantuan berupa alat-alat kebersihan kemudian bantuan berupa tanaman baik itu bunga bibit pohon maupun tanaman herbal (b) mengenai program pembelajaran bentuk kerja samanya bisa dalam bentuk pengarahan terlebih dahulu dari pihak sekolah kepada orangtua siswa akan tugas-tugas yang diberikan kepada siswa. Bentuknya bisa berupa dukungan atau support pada saat belajar dan pemantauan lewat buku penghubung yang diberikan kepada masing-masing siswa (c) penerapan program pembelajaran tentang hasil belajar siswa yang melibatkan orangtua siswa yaitu pihak sekolah mengundang orangtua dimana bertujuan untuk menyampaikan hasil belajar siswa dan lewat buku penghubung orangtua dapat memantau perkembangan hasil belajar anaknya. Biasanya tiap semester orangtua diundang oleh pihak sekolah sebanyak 2 kali yaitu tengah dan akhir semester. Sementara untuk intensitas pertemuan dengan orangtua pihak sekolah mengundang cukup sering yaitu untuk kelas VI (enam) bisa 3 sampai 4 kali dalam satu semester. Hal ini dikarenakan menyangkut akademis anak karena orangtua diharapkan berperan aktif untuk memotivasi dan mendampingi anaknya yang akan mengikuti Ujian Nasional dan persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (2) Karakteristik lingkungan fisik dan lingkungan sosial belajar anak di SDN Sukun 1 Kota Malang antara lain (a) suasana lingkungan belajar yang ada di SDN Sukun 1 Kota Malang ini dipengaruhi oleh orientasi sekolah yang mengedepankan sekolah hijau dimana terdapat banyak tanaman atau pepohonan yang rindang adanya tempat sampah di depan kelas yang sudah di pisah antara tempat sampah basah dan tempat sampah kering (b) guru yang ada di SDN Sukun 1 Kota Malang ini selalu menerapkan prinsip keterbukaan dan senantiasa tidak membuat siswa takut untuk bertanya jika ada kesulitan sehingga menimbulkan interaksi yang terjalin dengan baik dan harmonis (3) Peran dan partisipasi orangtua dalam pembelajaran anak di rumah yang terdapat di SDN Sukun 1 Kota Malang antara lain (a) orangtua selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap anaknya selama berada di rumah berperan untuk bisa membimbing serta mendampingi anaknya selama proses belajar di rumah. Di dalam prosesnya anak lebih giat belajar karena terpantau langsung dari orangtua lewat tugas-tugas yang diberikan oleh guru melalui buku penghubung yang dimiliki oleh masing-masing siswa (b) selain itu siswa yang ada di SDN Sukun 1 Kota Malang ini juga banyak yang mempunyai saudara kandung yang bersekolah di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari Sekolah Dasar. Mereka yang mempunyai saudara kandung tentunya dapat meminta arahan dan bimbingan atas tugas yang dirasa cukup sulit untuk dikerjakan sendiri (c) pengaturan waktu belajar yang dilakukan di rumah untuk kegiatan belajar siswa yang bersekolah di SDN Sukun 1 Kota Malang ini diatur oleh siswa sendiri. Tetapi ada satu tugas dari guru kelas yang mengharuskan siswa untuk membuat jadwal aktifitas atau rutinitas sehari-hari dimana selalu tertera jadwal belajar yang sering terjadwal jam belajarnya mulai habis Maghrib sekira pukul 18.15 WIB sampai dengan pukul 19.30 WIB dan diharuskan diketahui tanda tangan orangtua. Pelaksanaan kegiatan belajar siswa yang ada di SDN Sukun 1 Kota Malang ini dilakukan di rumah orangtuanya masing-masing. Tetapi terkadang dilakukan di salah satu rumah dari siswa yang mendapatkan tugas kelompok dari guru dan untuk tempatnya sendiri dilakukan secara bergilir atau bergantian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3694

Actions (login required)

View Item View Item