Sanjaya, Erik Sony (2015) Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2013) / Erik Sony Sanjaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sanjaya Erik Sony. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2013). Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dodik Juliardi S.E. Ak. M.M. (2) Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Kinerja Keuangan Corporate Social Responsibility Nilai Perusahaan Pemoderasi. Perusahaan adalah pelaku ekonomi yang tujuanya untuk mendapatkan laba semaksimal mungkin. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan membentuk citra positif dengan masyarakat. Citra positif yang dimiliki perusahaan bertujuan sebagai cara untuk menarik pemegang saham untuk menanamkan modalnya ke perusahaan tersebut. Informasi yang di berikan perusahaan kadangkala tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya karena terjadi asimetri informasi antara pemegang saham dan pihak manajer. Dengan demikian dibutuhkan suatu penilaian / pengukuran terhadap kinerja dari perusahaan tersebut. Peneltian ini dilakukan untuk menguji pengaruh ROA (Return on asset) sebagai proksi kinerja keuangan terhadap Tobin s Q sebagai proksi dari nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun penelitian 2012-2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 18 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dengan uji residual untuk mendapatkan pengaruh dari pemoderasi. Kesimpulan yang dapat diperoleh berdasarkan hasil analisis regresi sederhana yang telah dilakukan menujukan bahwa terjadi pengaruh antara kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Corporate Social Responsibility berpengaruh negative terhadap hubungan antara kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan hal ini ditunjukan dengan peningkatan coporate social responsibility tidak dapat membuat para pemegang saham tertarik untuk menanamkan modalnya pada perusahaan. Para pemegang saham beranggapan bahwa corporate social responsibility hanya merupakan standard strategi perusahaan untuk mendapatkan lebih investasi. Investor tidak melihat corporate social responsibility sebagai pengaruh yang dapat meningkatkan laba perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36937 |
Actions (login required)
View Item |