Liana, Nurul Agustin (2015) Analisis faktor yang mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro / Nurul Agustin Liana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Liana Nurul Agustin. 2015. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik terhadap Layanan Pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd (II) Dr. H. Achmad Supriyanto M.Pd M.Si Kata kunci faktor kepuasan layanan pendidikan Persaingan dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar sudah mulai dirasakan oleh setiap lembaga pendidikan. Hal ini terlihat dari besarnya animo warga masyarakat yang tertarik untuk memasukkan putra-putrinya ke sekolah yang memiliki kualitas baik. Salah satu upaya mewujudkan kualitas pendidikan yang baik dilakukan oleh Bupati Bojonegoro dengan mendirikan Sekolah Model Terpadu (SMT). Sekolah sebagai lembaga pendidikan berusaha memberikan layanan yang berkualitas kepada pelanggan. Peningkatan layanan pendidikan terus diupayakan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Pelanggan akan merasa tidak puas apabila hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Ketidakpuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh sekolah diyakini sebagai salah satu faktor yang menyebabkan sekolah tersebut semakin lama jumlah peserta didik semakin menurun tentunya sangat merugikan sekolah. Hal ini akan berbanding terbalik apabila pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh sekolah maka pelanggan akan terus menggunakan jasa pendidikan dan memberikan informasi yang baik-baik kepada orang lain mengenai lembaga pendidikan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro (2) mengetahui tingkat kepuasan orang tua peserta terhadap layanan pendikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro serta (3) mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan analisis faktor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Populasi yng digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua peserta didik SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan sampel total sebanyak 190 responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 129 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis faktor. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) faktor yang mempengaruhi kepuasan orang tua terhadap layanan pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro yaitu (a) faktor layanan sarana dan prasarana (b) faktor layanan pengelolaan (c) faktor layanan pada aspek pembelajaran (d) faktor layanan yang diberikan pendidik dan tenaga administrasi sekolah dan (e) faktor layanan pada aspek kompetensi lulusan (2) tingkat kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro ada pada kategori sangat tinggi dan (3) faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro adalah faktor layanan sarana dan prasarana. Saran yang dapat diberikan adalah kepada (1) Kepala SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro diharapkan terus dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ada di sekolah dan digunakan sebagai bahan acuan untuk terus berupaya memenuhi harapan keinginan dan kebutuhan orang tua peserta didik sebagai pelanggan eksternal jasa pendidikan di masa yang akan datang (2) Tenaga Administrasi Sekolah di SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro diharapkan dapat dijadikan bahan masukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan administratif yang ada di sekolah sebagai upaya untuk pemenuhan kepuasan di masa yang akan datang (3) Orang Tua Peserta Didik SDN Model Terpadu Kabupaten Bojonegoro diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jasa pendidikan sekolah dasar sehingga di masa yang akan datang orang tua tidak akan merasa kecewa atas pilihan untuk menyekolahkan putra-putrinya (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM diharapkan tidak hanya sebagai bahan bacaan yang dapat dijadikan referensi melainkan sebagai bahan pengembangan matakuliah manajemen pendidikan khususnya dalam Matakuliah Manajemen Mutu Terpadu sehingga mahasiswa mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki dan diterapkan dalam dunia kerja dan (5) peneliti lain diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujukan untuk megadakan penelitan yang lebih mendalam tentang faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan dan sebagai bahan perbandingan antara teori dan kenyataan di lapangan. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam penelitian yang sejenis pada jenjang SMP atau SMA tentunya dengan menggunakan teknik dan instrumen yang lebih baik dan sempurna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |